Fenomena Cuaca Langka St Elmo's Fire Disebut sebagai Pertanda Badai

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 16 2290804 fenomena-cuaca-langka-st-elmo-s-fire-disebut-sebagai-pertanda-badai-4O5Di0TLVv.jpg Ilustrasi fenomena cuaca langka. (Foto: Freepik)

BARU-baru ini awak pesawat militer merekam sebuah fenomena cuaca langka. The Royal Air Force's 99 Squadron merilis video yang memperlihatkan St Elmo’s Fire (Api Santa Elmo). Fenomena ini memiliki ciri yang hampir sama dengan kilat.

RAF mengatakan peristiwa ini bermula saat awak C-17 terbang melewati Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) pada malam hari. Kemudian tiba-tiba kilatan cahaya muncul ketika pesawat terbang dalam kegelapan.

Baca juga: Bulan Memantulkan Cahaya Matahari Dijelaskan dalam Alquran dan Sains 

"Fenomena cuaca kelistrikan St Elmo's Fire tidak berbahaya, tapi biasanya pertanda bahwa Anda sedang dikelilingi badai," jelas RAF melalui akun Twitter-nya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Jumat (8/10/2020).

ITCZ merupakan wilayah yang mengelilingi Bumi di dekat ekuator, tempat angin belahan utara dan selatan bersatu.

Menurut Scientific American, Api Santa Elmo ini terlihat selama badai petir ketika tanah di bawah badai bermuatan listrik, dan ada tegangan tinggi di udara antara awan dan tanah.

"Tegangan itu merobek molekul udara dan gas mulai bersinar," kata insinyur listrik William Betty.

Baca juga: Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah 

Meskipun Api Santa Elmo tidak berbahaya bagi mereka yang di darat, hal itu bisa jadi pertanda tentang kemungkinan cuaca badai di depan.

Para pelaut berkemungkinan akan mengalami sambaran petir. Hal ini karena kapal sering menjadi objek tertinggi di ruang terbuka yang luas dan dapat menarik sambaran.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini