Bulan Lalu Bumi Catatkan Rekor Suhu Terpanas dalam 30 Tahun Terakhir

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 16 2291031 bulan-lalu-bumi-catatkan-rekor-suhu-terpanas-dalam-30-tahun-terakhir-Rv0G3gspdC.jpg Ilustrasi suhu panas Bumi. (Foto: Scott Goodwill/Unsplash)

SUHU Planet Bumi melonjak naik. Bulan September lalu tercatat sebagai rekor suhu terpanas di Bumi dalam 30 tahun terakhir. Dibanding September 2019, suhu Bumi pada September tahun ini lebih panas 0,05 derajat Celsius (0,09 Fahrenheit). Hal tersebut diungkapkan Climate Change Service yang merupakan bagian dari European Unions Earth Observation Program atau yang dikenal dengan Copernicus.

September juga mencatat jumlah laut es terendah kedua di dunia. "Luas lautan es telah menurun selama beberapa dekade, dan September adalah bulan yang cenderung menunjukkan paling rendah untuk tahun ini," jelasnya, sebagaimana dikutip dari Live Science, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Bulan Memantulkan Cahaya Matahari Dijelaskan dalam Alquran dan SainsĀ 

Banyak negara yang mengalami suhu lebih tinggi dari rata-rata. Bahkan, ada yang suhunya "sangat tinggi" seperti di wilayah lepas pantai Siberia Utara, di Timur Tengah, serta beberapa bagian dari Amerika Selatan dan Australia. Eropa juga mengalami bulan September terpanas dengan suhu sekira 0,2 C (0,36 F) lebih tinggi dari suhu terpanas sebelumnya pada September 2018.

Menurut laporan Live Science, sebuah kota di Siberia memiliki suhu 100,4 F (38 C) pada Juni lalu. Ini menjadi suhu terpanas yang pernah tercatat di atas lingkaran Arktik. Musim dingin dan musim semi di Siberia juga "luar biasa hangat" dengan suhu 10 C (18 F) lebih tinggi dari suhu biasanya di bulan Mei.

Kemudian pada bulan Agustus, Death Valley (Lembah Kematian) California mencapai suhu 54,4 C (130 F). Angka ini menjadi salah satu suhu terpanas di dunia. Kemudian Los Angeles County mencatat suhu tertinggi yang pernah terjadi pada awal September mencapai angka 49,4 C (121 F).

Baca juga: Planet Mars Sangat Dekat dengan Bumi, Terulang 15 Tahun LagiĀ 

Hal ini berdampak terhadap beberapa peristiwa, seperti kebakaran hutan di California yang memecahkan rekor seluas 1,6 juta hektare. Dalam laporan yang sama, California Enviromental Protection's Agency's Air Resource Board mengatakan bahwa faktanya area hutan yang terbakar di California meningkat setiap tahun sejak 1950.

Data yang digunakan untuk memantau suhu merupakan kumpulan data yang disebut ERA5. Data itu tercatat sejak 1979.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini