Potensi Kehidupan di Venus Mungkin Juga Ditemui di Bulan

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 16 2291204 potensi-kehidupan-di-venus-mungkin-juga-ditemui-di-bulan-Ks1dbrTyjL.jpg Planet Venus. (Foto: Nypost)

PLANET Venus dilaporkan memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat kehidupan. Tanda-tanda kehidupan ada di sana seperti terletak pada awannya. Ini juga diduga bisa ditemui di bulan. Demikian sebagaimana hasil penelitian para ilmuwan.

Hasil penelitian yang telah diterbitkan oleh Planetary Science Journal ini menyatakan planet kedua di tata surya tersebut bisa saja mengirim sebanyak 10 miliar batu ke luar angkasa setelah tumbukan asteroid dan komet. Batuan ini mungkin pada akhirnya berpotongan dengan Bumi dan bulan.

"Beberapa dari batuan ini pada akhirnya akan mendarat di bulan sebagai meteorit Venus," kata penulis utama studi tersebut, Samuel Cabot, mahasiswa pascasarjana Yale, dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Ilmuwan Pelajari Atmosfer Venus untuk Cari Bukti Kehidupan 

Sementara Astronom Universitas Yale dan penulis studi, Gregory Laughlin, mengatakan Venus memiliki iklim yang sangat keras dengan suhu permukaan 864 derajat Fahrenheit. Para peneliti pun masih mempelajari setiap sisi dari Venus.

Pada September 2019, sekelompok peneliti menyatakan Venus mungkin saja pernah dihuni. Alasannya, terdapat suhu stabil dan cairan pada 2 hingga 3 miliar tahun lalu. Hingga akhirnya transformasi dramatis terjadi lebih dari 700 juta tahun lalu dan membentuk kembali planet ini.

Baca juga: Miliki Kondisi Ekstrem, Venus Disebut Bagaikan "Planet Neraka" 

NASA baru-baru ini juga menyatakan hendak menjelajahi Venus. Pada akhir 2019, badan antariksa mengatakan sedang mengerjakan pesawat ruang angkasa mirip ikan pari untuk digunakan menjelajahi planet ini.

Pada Juli lalu, para peneliti mengungkapkan bahwa Venus memiliki hampir 40 gunung berapi aktif di permukaannya. Venus memiliki lebih banyak gunung berapi dibanding benda langit lainnya di tata surya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini