Fosil Spesies Baru Mosasaurus Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Maroko

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 16 2291237 fosil-spesies-baru-mosasaurus-berusia-70-juta-tahun-ditemukan-di-maroko-YWGRXQLosg.jpg Fosil spesies baru Mosasaurus. (Foto: Catie Strong/Fox News)

PARA peneliti baru saja mengumumkan penemuan fosil spesies baru Mosasaurus yang diduga berusia lebih dari 70 juta tahun di Maroko. Ini merupakan hewan reptil prasejarah yang hidup pada zaman dinosaurus.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Systematic Paleontology dijelaskan bahwa spesies ini dikenal sebagai Gavialimimus Almaghribensis. Hewan purba ini memiliki moncong sempit, sangat memanjang, dan gigi saling mengunci.

Baca juga: Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah 

"Moncongnya yang panjang mencerminkan bahwa Mosasaurus kemungkinan besar beradaptasi dengan pemangsaan, atau parisi relung, dalam ekosistem yang besar," kata penulis utama penelitian tersebut, Catie Strong, sebagaimana dikutip dari Fox News, Jumat (9/10/2020).

Ia menambahkan, setiap spesies Mosasaurus beradaptasi dengan mangsanya dan cara berburu yang berbeda-beda. Misalnya seperti spesies Mosasaurus lainnya, Globidens Simplex, memiliki gigi bulat yang dapat menghancurkan hewan bercangkang. Hal ini dapat dilihat melalui fosilnya.

Baca juga: Spinosaurus si "Monster Sungai" Diyakini Hidup 100 Juta Tahun Lalu 

"Untuk beberapa spesies, adaptasi ini bisa sangat menonjol, seperti moncong yang sangat panjang dan gigi mengunci rapat. Kami hipotesiskan ini untuk membantu menangkap mangsa yang bergerak cepat," kata peneliti pascasarjana University of Alberta tersebut.

Tidak seperti dinosaurus yang bertelur, Mosasaurus bereproduksi dengan melahirkan anak-anaknya. Gavialimimus Almaghribensis hidup selama periode Kapur Akhir antara 72 dan 66 juta tahun lalu. Hewan purba ini diperkirakan bisa mencapai panjang 50 kaki dan berat hingga 30.000 pon (lebih dari 13 ton). Inilah sebabnya beberapa orang menyebutnya sebagai "T-Rex Lautan".

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini