Share

Ditemukan Spesies Baru Laba-Laba Bermata Biru Asli Australia

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 16 2291273 ditemukan-spesies-baru-laba-laba-bermata-biru-asli-australia-CHzz3SE0F9.jpg Penemuan spesies baru laba-laba pelompat bermata biru asli Australia. (Foto: Amanda de George/IFL Science)

LABA-laba spesies baru ditemukan di Australia. Hewan berukuran kecil ini ditemukan oleh seorang wanita bernama Amanda de George di halaman belakang rumahnya di New South Wales.

Amanda tidak menyangka penemuan laba-laba spesies baru ini berkontribusi pada bidang ilmu sains. Awalnya dia hanya mengabadikan hewan tersebut melalui beberapa foto.

Baca juga: Peneliti Temukan Spesies Baru Laba-Laba dengan Organ Reproduksi Berbeda 

Menurutnya hewan yang berukuran sebesar kacang polong itu menggemaskan. Laba-laba ini kemudian dinyatakan sebagai spesies Jotus Genus Salticidae (laba-laba pelompat) asli Australia.

Amanda yang juga perintis Backyard Zoology ini memiliki kegemaran khusus pada laba-laba pelompat. Dia menemukan laba-laba tersebut di dekat tutup tempat sampah halaman belakang rumahnya.

Amanda tidak memerhatikan warna biru yang mencolok dari hewan tersebut karena ketika itu sudah sore. Dia pun pergi mengambil kameranya dan memotret serta menyebarluaskannya secara daring.

Untungnya saat itu Joseph Schubert, ahli laba-laba dari Museum Victoria, melihat foto-foto tersebut. Dia langsung mengenali bahwa ini spesies yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya. Kemudian Joseph meminta Amanda mencarikan lagi laba-laba itu.

"Saya dengan beberapa kolega menerbitkan ulasan tentang Jotus tahun lalu. Jadi saya masih ingat betul spesies itu. Tidak ada spesies lain yang diketahui dengan bulu biru seperti ini," kata Joseph, sebagaimana dikutip dari IFL Science, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Alquran dan Sains: Jaring Laba-Laba Rapuh tapi Melindungi Rasulullah 

Amanda terus melakukan pencarian selama tiga bulan setelahnya. Dia membalik daun, batu, hingga furnitur halaman belakang rumahnya.

Akhirnya pada Juni lalu Amanda kembali menemukan laba-laba berukuran 4 milimeter dengan karakteristik yang sama di deknya. Kali ini dia menemukan hewan tersebut ketika matahari bersinar terang. Ia menyerahkan hewan tersebut kepada Joseph untuk diidentifikasi secara resmi.

"Saya sangat senang karena kali ini di bawah sinar matahari penuh. Laba-laba ini menakjubkan. Dia menatap saya dengan wajah, telapak tangan, dan mata biru. Saya benar-benar tersentak," kata Amanda.

Joseph mengatakan hanya sekira 30 persen spesies yang teridentifikasi di Australia. Artinya masih banyak kemungkinan spesies laba-laba belum diketahui.

Diperkirakan ada 10.000 spesies laba-laba, namun baru sekira 4.000 spesies yang teridentifikasi. Ia pun berencana segera menulis makalah baru tentang penemuan spesies Jotus Genus Salticidae ini.

Baca juga: Kisah Rasulullah Diselamatkan Sarang Laba-Laba dari Kejaran Kaum Quraisy 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini