Update Google Meet Berikan Fitur Baru 100 Ruang Alternatif

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 16 2292262 update-google-meet-berikan-fitur-baru-100-ruang-alternatif-mH5EEyaiGZ.jpg Google Meet. (Foto: Ars Technica)

LAYANAN Google Meet akan mendapat fitur baru yaitu ruang alternatif (breakout rooms). Fitur ini pada awalnya hanya tersedia untuk pelanggan G Suite Enterprise for Education, tetapi kini bisa untuk semua pengguna.

Fitur tersebut membuat para pendidik bisa membagi kelasnya menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk hal-hal seperti diskusi. Demikian dijelaskan dalam blog Google.

Baca juga: Google Meet Akan Batasi Rapat Maksimal 60 MenitĀ 

Google akan mengizinkan pengguna membuat hingga 100 ruang alternatif dalam satu panggilan. Setelah pengguna memutuskan berapa banyak ruang yang diinginkan, Google akan secara acak mengelompokkan orang-orang yang dipanggil menjadi satu ruang.

Moderator dapat menambahkan orang ke ruang lain secara manual jika diinginkan. Moderator rapat juga dapat berpindah ruangan untuk masuk ke kelompok lain.

Google Meet Breakout Rooms. (Foto: Allthings)

Sebagaimana dilansir The Verge, Senin (12/10/2020), fitur ini akan hadir di edisi G Suite dan Google Workspace lainnya pada akhir tahun mendatang.

Baca juga: Update Google Meet Tambahkan Fitur Peredam BisingĀ 

Aplikasi saingan videocoferencing Zoom ini sebenarnya sudah menawarkan ruang breakout untuk semua pengguna sejak 2015, jadi sekarang adalah penambahannya. Pengguna Zoom sendiri hanya dapat dibagi menjadi 50 ruangan berbeda, atau setengah dari 100 ruangan yang akan ditawarkan Google Meet.

Google Meet sendiri akan terus menambahkan fitur selama tahun ini untuk bersaing dengan Zoom dan layanan konferensi video lainnya. Pasalnya, penggunaan layanan virtual tersebut melesat selama pandemi virus corona (covid-19).

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini