Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Mirip Burung Beo

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2292708 peneliti-temukan-fosil-dinosaurus-mirip-burung-beo-CYspf3xWwk.jpg Ilustrasi dinosaurus burung Oksoko Avarsan. (Foto: Michael Skrepnick/Fox News)

SEBUAH fosil dinosaurus baru saja ditemukan. Fosil makhluk purba ini memiliki banyak kesamaan dengan burung zaman modern daripada anggota spesies lainnya.

Fosil dinosaurus itu dikenal sebagai Oksoko Avarsan. Dia memiliki dua jari di masing-masing lengan bawah dan terlihat seperti paruh panjang tanpa gigi, mirip dengan burung beo. Demikian hasil penelitian yang diterbitkan Jurnal The Royal Society Open Science.

Baca juga: Peneliti Ungkap Pemilik Fosil Bulu Pertama yang Pernah Ditemukan 

"Oksoko Avarsan menarik karena kerangka sangat lengkap dan cara mereka diawetkan saat beristirahat bersama menunjukkan bahwa burung remaja ini berkeliaran bersama dalam kelompok," kata penulis utama penelitian tersebut, Dr Gregory Funston, sebagaimana dikutip dari Fox News, Selasa (13/10/2020).

Spesies dinosaurus ini diyakini tidak berbulu dan omnivora, hidup sekira 68 juta tahun lalu. Panjangnya kira-kira 6,5 kaki atau seukuran leher jerapah. Namun adanya dua jari di setiap anggota tubuh mengejutkan para peneliti, karena mungkin hal ini memberi petunjuk baru tentang evolusi dinosaurus.

Oksoko Avarsan bukan satu-satunya dinosaurus purba mirip burung yang menarik perhatian dalam beberapa waktu belakangan ini.

Baca juga: Hujan Diperkirakan Guyur Sebagian Wilayah Jakarta Hari Ini

Awal bulan lalu para peneliti menyatakan bahwa bulu dinosaurus yang pertama kali ditemukan memang milik Archaeopteryx, mengakhiri kontroversi yang telah berkecamuk dalam komunitas ilmiah selama lebih dari 100 tahun.

Pada Maret 2018, para peneliti menyarankan bahwa Archaeopteryx mungkin bisa terbang, tetapi dengan cara berbeda dari burung zaman modern.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini