Kemunculan Penyu Aligator Raksasa Mengejutkan Masyarakat

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2292725 kemunculan-penyu-aligator-raksasa-mengejutkan-masyarakat-3qeJcbc4Fc.jpg Penyu aligator raksasa muncul di permukiman Virginia, Amerika Serikat. (Foto: Virginia Department of Wildlife Resources/Fox News)

SEEKOR penyu aligator raksasa dengan berat 65 pon berulang kali terlihat berjalan di sebuah permukiman di Fairfax, Virginia, Amerika Serikat. Penampakan penyu tersebut terjadi selama Mei dan Juni. Hal ini mendorong masyarakat setempat menghubungi petugas satwa liar untuk menanganinya.

Departemen Kepolisian Daerah Fairfax, Virginia, menyatakan Unit Perlindungan Hewan terkejut ketika melihat penyu aligator raksasa itu. Foto-fotonya pun menjadi viral.

Baca juga: Siput Bisa Tidur Selama 3 Tahun, Ini Penyebabnya 

"Penyu ini bukanlah hewan asli daerah kami dan diyakini ini adalah penyu hasil penangkaran yang dilepaskan ke alam liar," tulis pihak kepolisian dalam unggahan di akun Facebook-nya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Selasa (13/10/2020).

Penyu aligator raksasa. (Foto: Meghan Marchetti/DGIF/Fox News)

"Penyu itu ditangkap dengan aman oleh petugas dan diangkut sementara ke penampungan hewan. Petugas pengelolaan satwa liar mengatur pemindahannya ke Virginia Department of Game and Inland Fisheries (VDGIF). Penyu itu sekarang telah dibawa ke rumah baru di Kebun Binatang Virginia di Norfolk," lanjutnya.

Baca juga: 5 Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19, Siapa Saja?

Pihak kebun binatang dalam situs resminya menyatakan, setelah dipindahkan, penyu raksasa tersebut diberi nama Yidaro. Pada Agustus lalu, beberapa penyu seperti ini ditangkap oleh para peneliti dari Komisi Konservasi Satwa dan Ikan Florida.

National Geographic melaporkan hewan ini sering disebut "dinosaurus dalam spesies penyu". Penyu aligator adalah hewan air tawar terbesar di Amerika Utara. Mereka memiliki cangkang berduri, rahang mirip paruh, dan ekor tebal bersisik.

Dijelaskan lagi, penyu aligator raksasa ini berasal dari Teluk Meksiko dan dapat hidup 50 hingga 100 tahun. Penyu berjenis kelamin laki-laki memiliki berat rata-rata 175 pon, meskipun beberapa telah melebihi 220 pon.

Penyu aligator raksasa ini tidak memiliki predator alami, kecuali manusia. Jumlah populasi mereka menyusut dalam beberapa tahun terakhir akibat perburuan yang tidak diatur dan hilangnya habitat.

Baca juga: Anjing dan Kucing Ternyata Miliki Perasaan Berbeda tentang Gosok Perut 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini