Terekam Aksi Heroik Monyet Capuchin Selamatkan Temannya dari Ular Boa

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2292866 terekam-aksi-heroik-monyet-capuchin-selamatkan-temannya-dari-ular-boa-SyA1TbNGq0.jpg Sekelompok monyet capuchin menyelamatkan temannya dari serangan ular boa besar. (Foto: Valerie Schoof/IFL Science)

SEKELOMPOK antropolog peneliti dari Universitas Tulane dalam penelitiannya merekam aksi heroik kelompok monyet capuchin menyelamatkan temannya dari serangan ular boa besar. Kejadian itu berlangsung di Sektor Santa Rosa di Area de Konservacion di Guanacaste, Kosta Rika.

Dikutip dari IFL Science, Selasa (13/10/2020), Profesor Antropologi Dr Katharine M Jack mengatakan dirinya dan rekan-rekannya ketika itu sedang mengamati sekelompok monyet capuchin wajah putih sebanyak 25 ekor.

Baca juga: Mengenal Surili, si Monyet Beruban 

Tiba-tiba mereka menyaksikan sekelompok monyet capuchin saling menjerit saat seekor monyet capuchin muda ditangkap oleh ular boa yang sangat besar. Ular boa tersebut diketahui sepanjang 2 meter (6,5 kaki).

Kelompok monyet capuchin kemudian bersatu melakukan penyelamatan temannya. Mereka turun ke tempat ular boa dengan kekuatan semampunya. Para capuchin berusaha mengeluarkan temannya dari cengkeraman maut ular boa besar itu. Aksi penyelamatan berlangsung sangat cepat.

Sekelompok monyet capuchin menyelamatkan temannya dari serangan ular boa besar. (Foto: Sophie Lieber/IFL Science)

Capuchin muda berusia 6 tahun tersebut ditangkap oleh ular boa yang mulai membungkusnya dan meremasnya. Beberapa detik kemudian, seekor capuchin pria dewasa melakukan panggilan untuk melancarkan serangan balik.

Pemimpin capuchin dari kelompok itu kemudian menyerang ular boa tersebut dengan dua betina di belakangnya. Mereka mulai menyerang boa dengan sekuat tenaga.

Akhirnya sang capuchin dewasa berhasil mengambil capuchin muda yang trauma itu dan segera keluar. Pertengkaran itu pun dimenangkan oleh kelompok monyet capuchin.

Baca juga: Kemunculan Penyu Aligator Raksasa Mengejutkan Masyarakat 

Lalu yang lebih mengesankan, dalam menghadapi ular predator ini kelompok monyet capuchin memilih bertempur bersama daripada melarikan diri.

Sekumpulan antropolog itu pun merekam semuanya menggunakan kamera video. Rekaman tersebut diterbitkan sebagai bagian dari studi di Jurnal Scientific Reports.

Para penulis dalam studi tersebut menyatakan bahwa rekaman mereka dengan jelas menerangkan hipotesis kekuatan selektif yang kuat mendorong kelompok sosial primata.

Ini juga menunjukkan betapa eratnya ikatan sosial dalam kelompok monyet capuchin. Kemudian dapat bertindak cepat dalam situasi krisis antara hidup dan mati.

Baca juga: Anjing dan Kucing Ternyata Miliki Perasaan Berbeda tentang Gosok Perut 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini