4 Hal yang Mungkin Terjadi bila Asteroid Jatuh ke Bumi

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2293060 4-hal-yang-mungkin-terjadi-bila-asteroid-jatuh-ke-bumi-inFRzfWzxM.jpg Ilustrasi asteroid. (Foto: Bryan Goff/Unsplash)

ASTEROID merupakan salah satu benda luar angkasa yang sewaktu-waktu dapat jatuh ke Planet Bumi. Dilaporkan terakhir kali asteroid jatuh ke Bumi sekira 66 juta tahun lalu yang menyebabkan kepunahan massal dan memusnahkan dinosaurus.

Ada beberapa hal yang bisa terjadi jika asteroid jatuh ke Bumi, berikut di antaranya, sebagaimana dirangkum dari Did You Know Facts, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Tanda Kehidupan di Venus Mungkin Berasal dari Bumi 

1. Cuaca akan sangat berangin

Pada 2017, sekelompok ilmuwan Inggris menjalankan 50.000 simulasi komputer tentang dampak asteroid di berbagai belahan dunia. Studi tersebut menemukan bahwa salah satu dampak terbesar bagi peradaban manusia adalah angin yang mengikutinya.

Ketika sebuah benda besar sedang menghantam Bumi, hal itu menyebabkan guncangan yang serius di atmosfer. Asteroid yang hancur di udara, seperti peristiwa Chelyabinsk 2013, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan.

Ilustrasi asteroid. (Foto: Daily)

2. Terjadi radiasi termal

Ketika asteroid menabrak benda yang lebih besar, mereka melepaskan banyak energi. Dengan energi itu akan memunculkan energi panas, jadi manusia akan menghadapi sejumlah besar kebakaran setelahnya.

Baca juga: NASA Ungkap Bennu adalah Asteroid yang Terbuat dari Puing Antariksa 

3. Menyebabkan pergeseran seismik

Dikarenakan sebagian besar Bumi dipenuhi lautan, atau sekira 70 persen dari permukaan Bumi, kemungkinan besar asteroid akan mendarat di Atlantik atau Pasifik. Ini bakal menyebabkan gempa Bumi, kemudian bisa menimbulkan tsunami. Peneliti Inggris menemukan bahwa dari 50.000 simulasi, tsunami merupakan penyebab kematian terbesar.

4. Akan berdampak jangka panjang

Dampak tersebut seperti degradasi seluruh iklim planet ini, dan hilangnya panen yang meluas bahkan dapat memusnahkan kehidupan yang ada di Bumi seperti pada zaman dinosaurus yang musnah akibat asteroid menghantam bumi pada waktu itu.

Baca juga: Pesawat Hayabusa 2 Akan Lakukan 10 Tahun Perjalanan Cari Sampel Batu Asteroid 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini