Dua Pemburu Tangkap Ular Piton Burma Berukuran Paling Besar

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2293078 dua-pemburu-tangkap-ular-piton-burma-berukuran-paling-besar-iUgL66AxuE.jpg Ular piton burma terbesar di Florida. (Foto: SFWMD/IFL Science)

DUA pemburu menangkap seekor ular piton burma (python bivittatus) di Florida, Amerika Serikat. Ular itu berukuran sangat besar hingga memecahkan rekor di sana. Ular tersebut memiliki panjang 5,7 meter (18,75 kaki) dan berat 47,2 kilogram. Ini disebut sebagai penangkapan terbesar di wilayah Everglades, Florida. Sebelumnya ular piton burma terpanjang juga ditangkap di Florida dengan selisih 2,5 cm (1 inci).

Dua pemburu ular tersebut, Ryan Ausburn dan Kevin Pavlidis, bekerja sama dengan Florida's Fish and Wildlife Conservation Commisions (FWC) serta South Florida Water Management District (SFWMD) sebagai bagian dari Python Action Team yang bertujuan menyingkirkan sejumlah besar ular piton burma invasif yang hidup di Everglades.

Baca juga: Ini Ular Derik Berbisa yang Banyak Menggigit Manusia di Amerika 

Sebagai salah satu ular terbesar, piton burma memiliki rahang yang kuat hingga menjadikannya ancaman bagi ekosistem di Everglades. Kevin Pavlidis menceritakan proses penangkapan ular piton setinggi hampir 6 meter itu melalui unggahan di halaman Facebook-nya.

"Pada malam Jumat, kami mengeluarkan ular ini dari dalam air setinggi pinggang. Saya belum pernah melihat ular berukuran seperti ini dan tangan saya gemetar saat mendekatinya. Kesalahan sedikit saja, saya bisa dilarikan ke rumah sakit. Saya mungkin tidak akan pernah bertemu ular seperti ini lagi," kata Kevin Pavlidis, seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (13/10/2020).

Ular piton burma tidak memiliki predator alami di Florida. Hal ini memungkinkan para pemburu dan organisasi lainnya untuk menyingkirkan mereka sebelum melarikan diri atau merajalela di Everglades.

Baca juga: Ular Piton Bertelur Tanpa Pejantan, Para Ahli Bertanya-tanya 

"Penyingkiran ular piton burma ini merupakan kemenangan bagi satwa liar dan habitat asli kami," kata Komisaris FWC Rodney Barreto.

Pemburu yang bekerja telah menyingkirkan lebih dari 5.000 ular piton dari Everglades. Diperkirakan masih ada 3.000 lebih yang bisa ditangkap.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini