Ini Fakta Menarik Corak Kulit Zebra yang Jarang Diketahui

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2293153 ini-fakta-menarik-corak-kulit-zebra-yang-jarang-diketahui-SoFZXLNLpp.jpg Zebra. (Foto: Wirestock/Freepik)

ZEBRA merupakan hewan berkuku tunggal yang berasal dari Afrika. Zebra, kuda, dan keledai sebenarnya berada dalam satu genus yang disebut Equus. Ciri yang paling menonjol dari zebra adalah pola corak pada kulitnya.

Ada fakta unik tentang kulit zebra ini. Banyak orang yang menganggap zebra dominan putih dengan garis hitam. Fakta menunjukkan justru sebaliknya. Sebenarnya zebra memiliki kulit hitam dengan corak garis-garis putih.

Baca juga: Kemunculan Penyu Aligator Raksasa Mengejutkan Masyarakat 

Dikutip dari Live Science, Selasa (13/10/2020), garis itu berakhir di perut dan sisi dalam kaki yang berwarna putih. Setiap zebra memiliki pola garis berbeda-beda. Zebra Grevy memiliki garis yang sangat tipis. Sedangkan zebra gunung memiliki garis vertikal di leher dan batang tubuh, tetapi garis horizontal di paha. Beberapa spesies subzebra memiliki garis bayangan kecoklatan di antara garis hitam.

National Geographic menyebut garis-garis tersebut diyakini bekerja sebagai kamuflase. Saat zebra beridiri bersama, lebih sulit bagi predator untuk menentukan berapa jumlah hewan tersebut dalam sebuah kelompok.

Baca juga: Siput Bisa Tidur Selama 3 Tahun, Ini Penyebabnya 

Garis tersebut juga membuat zebra tampak tidak menarik bagi predator kecil, seperti lalat pengisap darah. Selain itu garis tersebut dapat menjadi tabir surya alami bagi hewan yang berhabitat di Afrika ini.

Setiap zebra memiliki pola garis berbeda satu dengan yang lainnya. Sama seperti sidik jari manusia, tidak ada yang sama satu dengan yang lain.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini