Kunang-Kunang Tampak Menyala ketika di Malam Hari

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2293174 kunang-kunang-tampak-menyala-ketika-di-malam-hari-1TI3gzVITp.jpg (Foto: USA Today)

Kunang-kunang terlihat mengeluarkan cahaya ketika di kegelapan atau malam hari. Tahukan Anda bagaimana cahaya tersebut bisa keluar dari tubuh kunang-kunang?

Dalam buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia' dijelaskan bahwa kunang-kunang mengeluarkan kilatan cahaya ketika tiba musim kawin. Kunang-kunang jantan akan memulai pertunjukan tarian cahayanya dengan harapan terlihat oleh kunang-kunang betina.

Apabila tertarik sang betina akan membalas dengan memberi sinyal cahaya tanda siap kawin. Cahaya yang dikeluarkan kunang-kunang berasal dari perut bagian bawah.

Cahaya ini dihasilkan oleh photocytes (lapisan kecil sel reflektif) yang mengeluarkan cahaya berwarna kuning kehijauan. Di dalam sel reflektif ini terdapat sebuah organel yang disebut peroxizome.

Magnesium dan ATP dalam peroxizome akan bereaksi dengan enzim yang dikenal sebagai luciferase dan protein luciferin. Kombinasi ini akan menciptakan molekul yang sangat tidak stabil dan melepaskan energinya dalam bentuk foton cahaya.

 Kunang-kunang terlihat mengeluarkan cahaya ketika di kegelapan atau malam hari.

Molekul akan kembali menjadi stabil ketika oksigen masuk, sehingga cahaya pun padam.

Wikipedia menerangkan, kunang-kunang adalah serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96 persen.

Kunang-kunang masuk dalam golongan Lampyridae yang merupakan famili dalam ordo kumbang Coleoptera. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia.

Baca juga: Mengapa saat Supermoon Bulan Tampak Membesar?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini