Wow, Earphone Ini Bisa Mendeteksi Ekspresi Wajah Penggunanya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 16 2293191 wow-earphone-ini-bisa-mendeteksi-ekspresi-wajah-penggunanya-CkNl7slJFg.jpg Earphone C-Face mampu mendeteksi ekspresi wajah penggunanya. (Foto: YouTube Cheng Zang/Ubergizmo)

PARA peneliti dari Cornell University, New York, Amerika Serikat, berhasil menciptakan sepasang earphone yang ketika dikenakan dapat mendeteksi ekspresi wajah penggunanya. Artinya secara teori bisa membuat avatar digital untuk digunakan dalam game atau video call yang mewakili penggunanya. Di mana avatar tersebut kemudian dapat meniru ekspresi wajah yang dimunculkan.

Baca juga: Sony Ungkap Teknologi Headphone Nirkabel TerbaruĀ 

Mengutip dari Ubergizmo, Selasa (12/10/2020), earphone ini diberi nama C-Face. Dia dapat mendeteksi ekspresi wajah penggunanya berdasarkan otot yang digerakkan di wajah.

Earphone ini akan terdiri dari dua kamera RGB yang menangkap pita cahaya merah dan hijau sehingga saat penggunanya menggerakkan otot wajah, cahayanya akan berubah. Selanjutnya akan diinterpretasikan oleh kamera untuk menentukan ekspresi seperti apa yang dibuat.

Baca juga: Saingi AirPods Pro, Galaxy Buds Live Punya Fitur Pencegah Suara BisingĀ 

Fitur menangkap ekspresi bukanlah hal baru, namun biasanya dilakukan dengan menempelkan sensor ke wajah. Ini mungkin tidak praktis untuk digunakan di rumah. Jadi earphone tersebut adalah solusi yang sedikit lebih nyaman.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini