Apple Event Ungkap 4 Seri iPhone 12, Ini Spesifikasinya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 16 2293283 apple-event-ungkap-4-seri-iphone-12-ini-spesifikasinya-Z6n8M9ZoqY.jpg Jajaran seri iPhone 12. (Foto: Ubergizmo)

APPLE baru saja merilis empat seri iPhone 12. Peluncuran dilakukan Selasa malam waktu Amerika Serikat melalui Apple Event bertajuk "Hi, Speed" secara virtual. Keempat perangkat baru itu adalah iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, serta iPhone 12 Pro Max.

Ini menjadi varian terbanyak dari iPhone yang pernah dirilis hingga kini. Tetapi, jajaran iPhone 12 itu harus dibuktikan terlebih dahulu mengenai performanya. Apakah sesuai dengan informasi yang selama ini disebut-sebut.

Baca juga: Simak 4 Perbedaan Mendasar iPhone 12 dengan Seri 11 

Guna lebih mengetahui tentang perangkat terbaru dari seri iPhone 12 tersebut, berikut ini dipaparkan spesifikasinya, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (14/10/2020).

Desain

Dalam hal desain, tampaknya Apple menerapkan kembali tampilan yang lebih lama seperti dari iPhone 5. Terdapat sisi datar dengan tepi melengkung. Beberapa pihak menilai ini membuat lebih mudah dipegang dan kecil kemungkinan terlepas dari tangan. Semua model iPhone 12 akan menampilkan desain serupa, salah satu perbedaan utama antara model Pro dan non-Pro. Model Pro akan menggunakan tali baja tahan karat berlapis PVD.

Apple juga memperkenalkan penutup kaca baru untuk iPhone 12 yang disebut Ceramic Shield dan dikembangkan bersama Corning. Menurut Apple, layar Ceramic Shield ini menambahkan langkah kristalisasi selama proses pengembangan yang akan meningkatkan ketangguhan layar, sekaligus menjaganya tetap jernih.

Layar akan berbeda di setiap model. Seri iPhone 12 Mini memiliki ukuran 5,4 inci; iPhone 12 dan 12 Pro hadir dengan layar 6,1 inci; dan iPhone 12 Pro Max mendapat layar 6,7 inci.

Baca juga: Daya Tahan Baterai iPhone 12 Diklaim Lebih Lama dari Seri Sebelumnya 

Performa dan Konektivitas

Seri iPhone 12 didukung mesin dengan Chipset A14 Bionic Apple yang pertama kali dipakai pada iPad Air. Itu dibangun di atas proses 5nm yang membantu meningkatkan kinerja sekaligus menjadi efisien. A14 Bionic akan menampilkan CPU 6-core yang diklaim Apple 50 persen lebih cepat daripada chipset smartphone saat ini.

Ada built-in 4-core GPU. Ini diklaim menawarkan pemrosesan 50 persen lebih cepat, seperti dalam bermain game. Apple juga menawarkan konektivitas 5G di seluruh iPhone 12 ini.

Kamera

Dalam hal kamera, Apple akan menggunakan pengaturan kamera ganda pada iPhone 12 Mini dan iPhone 12. Model iPhone 12 Pro dan Pro Max bakal menggunakan pengaturan tiga kamera yang terlihat mirip dengan model iPhone 11 Pro, tetapi dengan beberapa perbedaan.

Seri iPhone 12 Pro akan datang dengan lensa tujuh elemen untuk modul kamera Wide, dan dikombinasikan aperture f/1.6, diklaim memberi 27 persen peningkatan dalam hal kinerja cahaya rendah. Kamera Ultra-Wide juga akan menampilkan bidang pandang video seluas 120 derajat, dan panjang fokus 52 mm untuk kamera Telefoto.

Baca juga: Hasil Survei, Pengguna iPhone Tidak Terlalu Peduli 5G 

Sedangkan iPhone 12 Pro Max memiliki sensor 47 persen lebih besar pada kamera Wide yang diklaim akan meningkatkan peningkatan 87 persen dalam fotografi cahaya rendah. Ditingkatkan juga kamera Telefoto dengan panjang fokus 65 mm dan optical zoom lima kali untuk memungkinkan fotografer mendapatkan bidikan yang lebih fokus.

Sementara iPhone 12 Mini dan iPhone 12 mengusung desain kamera ganda dengan fitur fotografi komputasi berkat penggunaan Chipset A14 Bionic. Keduanya juga mendukung teknologi Deep Fusion Apple yang akan membantu meningkatkan foto yang diambil oleh kamera belakang serta kamera depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini