Malam Ini Posisi Mars Paling Dekat dengan Bumi, Jangan Ketinggalan Ya

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 16 2293684 malam-ini-puncak-oposisi-mars-terlihat-sangat-terang-dan-besar-noXU0jZtsB.jpg Ilustrasi Planet Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech/Science Alert)

PADA malam ini, Rabu 14 Oktober 2020, dilaporkan akan menjadi puncak fenomena oposisi Planet Mars. Planet Merah ini pun akan tampak lebih besar, terang, dan merah dari biasanya. Ketika itu posisi Mars sejajar membentuk garis lurus dengan Bumi dan matahari. Mars tidak akan sedekat ini lagi dengan Bumi hingga 2035 mendatang.

Mars sendiri akan berada pada ukuran semu maksimumnya jika dilihat melalui teleskop. Mars sebenarnya dalam posisi paling dekat dengan Bumi pada pekan lalu, 6 Oktober. ketika itu Mars dan Bumi hanya berjarak 38,6 juta mil (62 juta kilometer).

Baca juga: Planet Mars Sangat Dekat dengan Bumi, Terulang 15 Tahun LagiĀ 

Planet Mars mengorbit pada matahari dengan jarak yang lebih jauh dari Bumi. Mars membutuhkan waktu sekira 26 bulan untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi matahari.

"Memang Mars tidak akan lebih dekat dan berada dalam posisi yang baik untuk pengamat utara lagi sampai mencapai oposisi pada tahun 2052, membuat oposisi tahun ini semakin penting," kata Gary Seronik, editor konsultan untuk majalah Sky and Telescope, sebagaimana dikutip dari Space, Rabu (14/10/2020).

Pada Oktober ini Planet Mars akan tampak lebih cerah dari objek lain di sekitarnya. Mars akan terbit di timur saat matahari terbenam, dan mencapai puncaknya di langit pada tengah malam.

Meskipun Mars mudah dibedakan dari warnanya yang kemerahan, pengamat masih membutuhkan teleskop berkualitas tinggi untuk melihat permukaan Mars secara lebih detail.

Baca juga: Fosil Bukit Pasir Berusia 1 Miliar Tahun Ditemukan di MarsĀ 

Mars juga mencapai apa yang disebut "oposisi perihelik" pada 3 Agustus lalu. Perihelion mengacu pada titik di orbit Mars yang terdekat dengan matahari.

Oleh karena itu, ketika Mars paling dekat dengan matahari, ia bahkan lebih dekat ke Bumi selama oposisi. Sejak Agustus, Planet Merah perlahan-lahan bergerak menjauh dari matahari. (ahl)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini