Ini Alasan Nyamuk Suka Mengisap Darah Manusia

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 16 2293811 ini-alasan-nyamuk-suka-mengisap-darah-manusia-pry8pg2lll.jpg Ilustrasi nyamuk menggigit manusia. (Foto: Twin)

SEBUAH penelitian mengungkapkan bahwa nyamuk menyukai darah manusia karena dianggap "asin dan manis". Hasil studi baru yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Neuron itu mencatat nyamuk betina memiliki dua mode makan berbeda, termasuk nektar yang mendeteksi gula serta menembus kulit dan memakan darah, mirip dengan jarum suntik.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mampu mengelabui nyamuk untuk masuk ke "perangkap makan darah" dengan menawarkan empat senyawa yakni glukosa, natrium klorida, natrium bikarbonat yang ditemukan dalam darah, dan adenosin trifosfat atau ATP. ATP ini tidak memiliki rasa, tetapi Vosshall mencatat itu mungkin "menarik" bagi nyamuk.

Baca juga: Studi Baru Sebut Darah Manusia bagi Nyamuk Rasanya Seperti Permen 

"ATP adalah benda misteri khusus yang rasanya tidak ada artinya bagi manusia. Tapi itu pasti sangat menarik dan bermanfaat bagi nyamuk," ungkap Vosshall dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Kamis (15/10/2020).

Para peneliti berharap dengan memahami alasan nyamuk memakan darah manusia, mungkin ada obat yang dibuat dan dapat menghentikan serangan serangga pengisap darah manusia.

Baca juga: Ternyata Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit Manusia 

"Jika nyamuk tidak dapat mendeteksi rasa darah, secara teori mereka tidak dapat menularkan penyakit," kata Veronica Jové, seorang HHMI Gilliam Fellow di Rockefeller University.

Nyamuk sendiri dapat menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah dan demam kuning. Hal ini menyebabkan sedikitnya 500.000 kematian setiap tahun. Itu sebagian besar hanya nyamuk betina yang memakan darah, menggunakannya sebagai makanan untuk telurnya berkembang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini