Smartphone Jatuh ke Air, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2293872 smartphone-jatuh-ke-air-ini-langkah-yang-harus-dilakukan-fEyvFI1i7L.jpg Ilustrasi smartphone terkena air. (Foto: Pocketnow)

DIPREDIKSI wilayah Indonesia tidak lama lagi memasuki musim hujan. Segala antisipasi pun harus dilakukan, termasuk menjaga barang-barang elektronik dari musibah banjir yang kerap melanda.

Di antara perangkat elektronik itu yang paling penting adalah smartphone. Ponsel pintar ini harus selalu dijaga agar komunikasi tetap terjalin.

Baca juga: 4 Cara agar Smartphone Tidak Rusak saat Musim Hujan 

Namun bagaimana jika smartphone yang dibawa jatuh dan terendam air banjir? Apa saja langkah yang harus dilakukan? Berikut ini jawabannya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Jangan Panik

Jangan sampai panik ketika smartphone jatuh dan terendam air banjir. Coba ambil smartphone dengan hati-hati. Lalu jangan langsung menyalakannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan smartphone. langkah ini untuk menghindari terjadinya korsleting.

2. Keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai

Setelah mematikan smartphone, keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai. Bila mengetahui cara membongkar smartphone, maka lebih baik jika melepas komponen lain. Langkah ini untuk menghindari air yang masuk makin lama berkubang di bagian dalam smartphone.

Smartphone. (Foto: Pixabay/Zeebiz)

3. Keringkat smartphone

Selesai mengeluarkan beberapa komponen smartphone, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Cobalah menggunakan tisu atau kain kering untuk mengeringkat satu per satu komponen tersebut.

Tidak hanya itu, bisa juga menaruh smartphone di bahan yang menyerap air, misalnya beras. Beras mampu menyerap air pada smartphone hingga benar-benar kering.

Baca juga: Baterai Ponsel Lama Terisi Penuh? Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya 

4. Jangan langsung dinyalakan

Sangat penting mengeringkan smartphone setidaknya selama tiga hari. Dalam kurun waktu tersebut, tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan smartphone. Tunggu sampai smartphone siap digunakan lagi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini