Daya Baterai Smartphone Cepat Habis? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2293876 daya-baterai-smartphone-cepat-habis-mungkin-5-hal-ini-penyebabnya-NF7aR23kS6.jpg Ilustrasi charger baterai smartphone. (Foto: Vjeran Pavic/The Verge)

SAAT ini smartphone menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-sehari. Tanpa ponsel pintar tersebut, bisa saja aktivitas menjadi terganggu. Maka itu, diperlukan smartphone yang memiliki kondisi baik.

Salah satu bagian ponsel yang harus selalu diperhatikan adalah baterainya. Sebab, komponen ini menjadi sumber penggerak semua bagian.

Baca juga: iPhone dan MacBook Mendatang Gunakan Baterai Hidrogen? 

Lalu bagaimana jika mendapati baterai ponsel cepat boros? Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini penjelasannya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Aplikasi bermasalah

Perangkat Android dan iOS memungkinkan penggunanya mengunduh berbagai aplikasi. Akan tetapi harus berhati-hati karena bisa saja aplikasi yang diunduh bermasalah hingga membuat baterai menjadi boros.

Guna mengetahui apakah aplikasi menimbulkan baterai ponsel cepat habis, bisa mengeceknya melalui Pengaturan Baterai. Jika menemukan aplikasi yang membuat baterai ponsel boros, bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya.

Smartphone. (Foto: Unsplash)

2. Fitur auto-brightness

Fitur Auto-brightness membantu pengguna mendapatkan tingkat kecerahan layar yang seusai kondisi secara otomatis. Meski demikian, rupanya fitur ini bisa menguras daya baterai. Bila baterai ingin awet, sebaiknya atur kecerahan layar secara manual.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Ubah Batu Bata Jadi Baterai, Begini Caranya 

3. Screen timeout

Jika layar ponsel terus-menerus menyala, maka akan menghabiskan daya baterai ponsel. Oleh karena itu, persingkat waktu screen timeout sehingga layar ponsel dapat segera padam ketika didiamkan dalam waktu tertentu.

4. Charger bermasalah

Charger yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi penyebab baterai menjadi boros. Pastikan menggunakan charger yang memiliki kualitas baik untuk menjaga baterai perangkat tidak cepat mengalami kerusakan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk saat Isi Daya Ponsel yang Bikin Baterai Cepat Boros 

Ilustrasi baterai smartphone boros. (Foto: Time)

5. Baterai rusak

Ponsel yang digunakan mungkin sudah berusia cukup lama. Padahal, produsen ponsel telah merilis ponsel terbaru untuk menggantikan generasi ponsel lama. Mungkin saja kondisi baterai sudah tak lagi dapat diandalkan karena faktor umur perangkat tersebut. Bila demikian, mungkin inilah saatnya mempertimbangkan membeli ponsel baru yang sesuai kebutuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini