Setelah 2 Tahun Starman Capai Titik Terdekat dengan Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2293935 setelah-2-tahun-starman-capai-titik-terdekat-dengan-mars-7RH7AYySQK.jpg Ilustrasi (Foto: Business Insider)

Boneka yang mengenakan baju luar angkasa SpaceX, Starman menunggangi mobil Tesla Roadster kini mencapai titik terdekat dengan Mars. Pada 6 Februari 2018, SpaceX berhasil meluncurkan starman beserta kendaraan berwarna merah itu ke luar angkasa.

Dikutip Universetoday, pada 2018 SpaceX sukses meluncurkan roket Falcon Heavy, kendaraan peluncur paling kuat dalam keluarga roket milik perusahaan. Pencapaian ini tidak hanya sebagai tonggak utama bagi SpaceX, tetapi juga momen yang menarik perhatian masyarakat dunia yang pernah diatur oleh Musk.

Pada peluncuran tersebut, Musk memutuskan untuk membawa muatan Tesla Roadster cherry dengan pakaian antariksa SpaceX, yang diberi nama "Starman". Pada saat itu, diantisipasi bahwa Starman dan Roadster pada akhirnya akan melewati Mars dari dekat.

Dua tahun setelah peluncuran, Starman akhirnya berhasil terbang melintasi Planet Merah. Roadster melakukan pendekatan dekat pertama ke Mars seminggu yang lalu, sekitar pukul 11:25 PDT (02:25 EDT) pada hari Rabu, 7 Oktober.

Menurut perhitungan independen yang dilakukan oleh astronom Jonathon McDowell dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA), Roadster melewati jarak 7,4 juta kilometer (4,6 juta mil) dari Mars.

 Boneka yang mengenakan baju luar angkasa SpaceX, Starman menunggangi mobil Tesla Roadster kini mencapai titik terdekat dengan Mars.

Baca juga: NASA Ungkap 8 Negara Tandatangani Kesepakatan Eksplorasi Bulan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini