iPhone 12 Pro Max Diklaim Miliki Sistem Kamera Tercanggih, Benarkah?

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2293953 iphone-12-pro-max-diklaim-miliki-sistem-kamera-tercanggih-benarkah-doo4NGdTEN.jpg Kamera iPhone 12 Pro Max. (Foto: Apple/The Verge)

APPLE telah resmi memperkenalkan jajaran iPhone 12 pada Selasa malam kemarin. Diklaim banyak perbedaan antara ponsel terbaru ini dengan seri-seri sebelumnya. Salah satunya sistem kamera iPhone 12 yang menjadi fokus utama karena disebut mendapat peningkatan besar.

Dari segi perangkat keras, tampaknya tidak ada yang terlalu berbeda antara iPhone 12, 12 Mini, dan 12 Pro dibandingkan dengan seri iPhone 11 dan 11 Pro. Semua ponsel tersebut menggunakan sensor 12 megapiksel berukuran sama untuk kamera telefoto model wide, ultrawide, dan pro. Bentuk dan ukuran tonjolan kamera pada dasarnya tetap sama.

Baca juga: Ini Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Perubahan terbesarnya ada pada lensa tujuh elemen f/1,6 untuk kamera wide utama. Ini menjadi peningkatan aperture kamera dari lensa enam elemen f/1,8 milik iPhone 11. Hal ini akan meningkatkan kemampuan lensa kamera sebesar 27 persen untuk menangkap cahaya.

Dikutip dari The Verge, Kamis (15/10/2020), Apple mengatakan bahwa struktur tujuh elemen pada kamera iPhone 12 akan menjaga detail tajam pada hasil foto. Kinerja kamera juga didukung dengan prosesor A14 Bionic.

Kamera seri ini menggunakan Smart HDR 3, generasi terbaru dari pipeline fotografi komputasi Apple. Pihak perusahaan juga mengatakan adanya peningkatan kinerja dalam mode malam yang dapat digunakan pada kamera ultrawide dan selfie.

iPhone 12. (Foto: Ubergizmo)

Kamera iPhone 12 Pro tidak jauh berbeda dengan 12 biasa. Namun, fitur fotografi pada iPhone 12 Pro dapat mengambil potret dalam mode malam yang menggunakan sensor LiDAR.

Sementara untuk video, iPhone 12 menggunakan resolusi 4K 60 fps. Fitur video yang baru adalah kemampuan untuk menangkap cuplikan Dolby Vision secara real-time.

Dolby Vision adalah format HDR yang menggunakan metadata dinamis untuk memetakan tingkat kecerahan dan warna yang akurat. Proses ini dapat dilakukan juga pada rekaman video. Apple juga mengatakan bahwa iPhone 12 perangkat pertama yang dapat melakukan itu.

Baca juga: Apple Watch Bantu Korban Kecelakaan agar Cepat Tertolong

Kemudian untuk perangkat iPhone 12 Pro Max memiliki perubahan paling mendasar dan diklaim tercanggih. Ponsel ini memiliki sensor utama yang berukuran 47 kali lebih besar dan menggunakan piksel 1,7. Ini yang paling canggih yang pernah digunakan Apple pada produk iPhone.

Meski sensor masih beresolusi 12 megapiksel, ukuran yang besar memungkinkan lebih banyak cahaya ditangkap dan hasilnya lebih bersih. Dengan lensa f/1,6, Apple mengklaim peningkatan 87 persen dalam kinerja cahaya dibandingkan iPhone 11 Pro Max.

Seri iPhone 12 Pro Max juga menggunakan teknik stabilisasi gambar yang disebut pergerakan sensor yang biasanya terdapat di kamera DSLR dan mirrorless. Selain itu, 12 Pro Max memiliki lensa telefoto yang lebih panjang daripada 12 Pro. Ini juga memperluas jangkauan zoom kamera dari 2x menjadi 2,5x.

Ini bukan pertama kalinya Apple melakukan peningkatan pada sistem kamera. Hal serupa juga pernah dilakukan pada seri iPhone 6 Plus dan 6S Plus.

Baca juga: 5 Perbedaan Mencolok iPhone 12 Pro Max dengan 11 Pro Max 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini