Ada Port Aneh di Kanan iPhone 12, Apakah Itu?

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2294047 ada-port-aneh-di-kanan-iphone-12-apakah-itu-I2F05z3tHC.jpg iPhone 12. (Foto: Apple/Phone Arena)

SERI iPhone 12 yang baru saja diluncurkan dinilai memiliki kemampuan dan bodi yang cukup baik. Lalu ternyata ada detail aneh di bagian bodinya yang mungkin tidak terlalu diperhatikan.

Di sisi kanan setiap iPhone 12, tepatnya di bawah tombol daya, ada bagian kecil yang terlihat seperti port untuk memasukkan SIM card, tetapi sebenarnya tidak. Warna atau hasil akhirnya cukup kontras dengan bingkai logam ponsel ini. Namun ada juga yang memahami bahwa detail itu merupakan tempat dari Apple Pencil, namun pihak Apple tidak menyebutkan apa pun tentang fitur Apple Pencil pada iPhone 12.

Baca juga: Ini Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Sebuah studi mengabarkan bahwa detail itu ada hubungannya dengan antena 5G. Mengingat iPhone 12 adalah smartphone pertama dari Apple yang mendukungan konektivitas 5G. Studi ini menguat ketika pengamat menemukan bahwa gambar-gambar iPhone 12 yang ditemukan di toko-toko Apple di luar Amerika Serikat tidak memiliki detail kecil itu. Ternyata versi ponsel untuk pasar non-AS tidak akan mendukung band mmWave 5G.

iPhone 12. (Foto: Apple/Phone Arena)

Seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (15/10/2020), Nilay Patel dari The Verge juga membagikan di Twitter bahwa dia menerima konfirmasi bagian kecil di samping semua model iPhone 12 berfungsi sebagai jendela untuk antena mmWave.

Baca juga: Apple Event Ungkap 4 Seri iPhone 12, Ini Spesifikasinya 

Spektrum mmWave berada di ujung atas rentang frekuensi tempat 5G dirancang untuk beroperasi. Transfer data menggunakan spektrum mmWave dapat menghasilkan kecepatan tercepat, tetapi gelombang cenderung akan sangat mudah terputus. Namun, Apple tetap memasang potongan plastik kecil di bingkai logam iPhone 12 untuk membantu transfer data menggunakan gelombang milimeter.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini