Ini Cara Mengetahui Penggunaan 5G Cepat atau Lambat di iPhone 12

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2294104 ini-cara-mengetahui-penggunaan-5g-cepat-atau-lambat-di-iphone-12-09rWmZN1UI.jpg iPhone 12. (Foto: Apple/Ubergizmo)

SEMUA varian iPhone 12 yang baru saja diluncurkan memiliki konektivitas 5G. Lalu untuk perangkat di Amerika Serikat yang mendukung variasi mmWave 5G dari operator Verizon akan mendapat logo baru "5G UW". Logo baru khusus iOS itu terungkap dalam iklan yang menampilkan aktor Chris Rock.

UW sendiri adalah singkatan dari ultra-wideband, jenis teknologi radio yang memungkinkan hadirnya konektivitas pada spektrum mmWave frekuensi tinggi.

Baca juga: Ada Port Aneh di Kanan iPhone 12, Apakah Itu? 

Variasi mmWave 5G secara teori jauh lebih cepat dibanding 5G, tetapi hanya di wilayah-wilayah tertentu yang terdapat sinyal kuat dan tidak terganggu.

Jaringan 5G UW iPhone 12. (Foto: Nick Statt/The Verge)

Seperti dilansir The Verge, Kamis (15/10/2020), kini pelanggan operator dapat mengakses jaringan 5G yang lebih lambat, tetapi mudah diakses, berkat penggunaan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Baca juga: Ini Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Ini memungkinkan penggunaan bagian dari jaringan LTE yang ada untuk menghasilkan frekuensi rendah yang sedikit lebih cepat di cakupan jaringan 5G.

Alasan dua logo berbeda dari 5G tersebut adalah agar pengguna tahu kapan menggunakan mmWave 5G yang jauh lebih cepat tetapi secara geografis terbatas. IPhone 12 sendiri memiliki jaringan standar dan mmWave berkat antena barunya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini