Anjing Ternyata Takut Petir, Ini Penyebabnya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2294194 anjing-ternyata-takut-petir-ini-penyebabnya-YdjVDt98iy.jpg Ilustrasi hewan anjing. (Foto: Jamie Street/Unsplash)

SUARA petir mungkin sangat memekakkan telinga. Bahkan seringkali ketika mendengar petir, orang langsung berlari mencari tempat berlindung. Tidak hanya manusia, ternyata kebanyakan anjing juga merasa tertekan dengan suara keras petir.

Anjing tidak hanya dapat melihat langit dan merasakan angin bertiup, tetapi juga merasakan pergeseran tekanan barometrik yang terjadi sebelum badai petir. Anjing pun merasa cemas saat mengetahui suara keras petir sedang dalam perjalanan. Demikian penjelasan National Geographic, sebagaimana dikutip dari Mental Floss, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Ini Alasan Anjing Sering Menggali dan Mengubur Benda 

Listrik statis juga dapat menambah rasa kecemasan ini, terutama kepada anjing berbulu panjang atau tebal.

Ahli perilaku hewan dari Tufts University, Nicholas Dodman, yang juga salah satu pendiri Center for Canine Behaviour Studies, mengatakan bahwa guncangan statis saat menyentuh logam dapat meningkatkan kegelisahan anjing ketika terjadi badai.

Baca juga: Anjing dan Kucing Ternyata Miliki Perasaan Berbeda tentang Gosok Perut 

Saat anjing merasa cemas ketika ada badai petir, coba untuk tetap berada di permukaan yang mulus dan tidak statis untuk menghindari efek kejut. Dapat juga membuat tempat berlindung yang aman untuk anjing peliharaan sehingga mereka tidak akan menyadari tanda-tanda badai.

Meletakkan selimut di atas kandang mereka menjadi salah satu cara untuk meredam kebisingan. Berkontribusi dengan dokter hewan juga solusi yang tepat ketika terjadi stres yang berlebihan pada anjing akibat badai petir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini