Esports Indonesia Alami Perkembangan Pesat dalam 16 Tahun Terakhir

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 16 2294288 esports-indonesia-alami-perkembangan-pesat-dalam-16-tahun-terakhir-shHvPMQPwu.jpg (Foto: Forbes)

ESPORTS menjadi salah satu olahraga yang sedang diminati saat ini. Banyak orang yang menjadikan game tidak hanya sekadar hobi melainkan profesi menjanjikan yang dapat menghasilkan banyak uang serta mengharumkan bangsa Indonesia di kancah internasional. Salah satu orang yang merasakan perkembangan esport di Tanah Air adalah CEO RRQ dan Wakil Sekjen PB Esport Indonesia, Andrian Pauline.

Pria yang kerap disapa AP ini mengaku telah berkarier di dunia Esport sejak 16 tahun lamanya. Pada 2004 ia masih menjadi seorang pemain dan beberapa tahun kemudian ia memutuskan untuk menjadi seorang manager Esport. Menurutnya selama kurun waktu 16 tahun, Esport di Tanah Air sudah menunjukkan geliat yang sangat besar.

“Pada 2013 saya mendirikan tim yang bernama RRQ. Dulu pas saya main pada 2004 hadiahnya cuma mouse dan keyboard, tapi sekarang hadiahnya sudah miliaran, jadi menurut saya perkembangannya sudah meningkat pesat,” terang Andrian, dalam Press Conference Esports Awards 2020, Kamis (15/10/2020).

Ia pun memberikan pandangannya terhadap cara untuk mengembangkan Esport Tanah Air di kemudian hari. Salah satunya dengan melangsungkan pertandingan yang sifatnya terus-menerus (continous) seperti liga. Sebab semua pemain harus digembleng mental dan kemampuannya melalui sebuah kompetisi.

“Jadi enggak cukup punya talent yang bagus, tapi harus ada ekosistem yang mendukung. Di sinilah pemerintah, swasta, media harus berperan penting dalam perkembangan Esport. Saya pikir kami perlu dukungan semua pihak untuk mendapatkan pemain berkualitas di kancah internasional,” tuntasnya.

 Esports menjadi salah satu olahraga yang sedang diminati saat ini.

Baca juga: Tujuh Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini