Semua iPhone Kini Dijual Tanpa Charger dan EarPods

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 16 2294457 semua-iphone-kini-dijual-tanpa-charger-dan-earpods-kgVmdzaIgA.jpg Ilustrasi iPhone. (Foto: Mac World)

APPLE baru saja mengumumkan kehadiran jajaran iPhone 12. Banyak keunggulan diberikan dalam deretan perangkat seri terbaru ini, salah satunya konektivitas 5G. Namun ada juga kekurangannya, yakni tidak menyertakan charger dan EarPods dalam paket penjualan. Apple hanya memberikan kabel USB-C Lightning.

Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk iPhone 12. Semua seri iPhone kini juga dijual tanpa charger dan EarPods. Dalam situs Apple.com dijelaskan seri iPhone SE 2020, iPhone 11, dan iPhone XR tidak mendapat dua aksesori tersebut dalam paket penjualan. Tapi ketiganya tetap mendapat kabel USB-C Lightning seperti iPhone 12.

Baca juga: Ini Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Kepala Inisiatif Lingkungan Apple Lisa Jackson mengatakan langkah ini dilakukan sebagai upaya pihaknya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Mereka berharap keputusan tersebut bisa mengurangi limbah karbon.

Charger dan EarPods iPhone. (Foto: Ubergizmo)

"Sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan lingkungan kami, iPhone SE tidak lagi menyertakan adaptor daya atau EarPods. Harap gunakan headphone dan adaptor daya Apple yang ada atau beli aksesori ini secara terpisah," jelas Lisa dalam Apple Event iPhone 12, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Apple Event Ungkap 4 Seri iPhone 12, Ini Spesifikasinya 

Ia menyebutkan bahwa dengan tidak memaketkan aksesori charger dan EarPods, mereka bisa mengurangi ukuran kotak iPhone. Ini berarti lebih sedikit bahan yang digunakan untuk membuat kemasan.

Lalu di saat yang sama memungkinkan Apple memasukkan lebih banyak iPhone dalam satu palet, sehingga mengurangi jumlah pengiriman yang harus dilakukan Apple.

Secara keseluruhan, ini dilakukan untuk mengurangi limbah karbon dari pabrik Apple. Pasalnya, mereka menargetkan bebas limbah karbon secara total pada 2030. 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini