3 Cara Mudah Mencegah Kerusakan Kabel Charger Smartphone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 16 2294468 3-cara-mudah-mencegah-kerusakan-kabel-charger-smartphone-kQHj2bGObz.jpg Ilustrasi kabel charger. (Foto: Lucian Alexe/Unsplash)

KABEL charger adalah hal penting dalam operasional smartphone. Sebab tanpa aksesori tersebut, dipastikan ponsel pintar tidak akan dapat berfungsi karena daya baterai tidak akan terisi.

Maka itu, wajib hukumnya merawat kabel charger. Perlakukan aksesori itu dengan baik agar tidak mengalami kerusakan.

Baca juga: Ini Alasan iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Rusaknya kabel charger yang sering ditemui seperti terkelupas, terpelintir, atau bahkan putus. Kondisi ini bisa disebabkan banyak faktor. Mulai terlalu sering digulung-gulung hingga terjadi insiden jatuh atau sebagainya.

Lalu bagaimana sebenarnya cara yang efektif merawat kabel charger smartphone agar awet dan tahan lama? Berikut ini langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum dari Gticks.

Ilustrasi kabel charger. (Foto: Brett Jordan/Unsplas)

1. Melepas dengan hati-hati

Ketika melepas kabel charger smartphone dari setopkontak, harus berhati-hati. Jangan menarik kabel dengan keras, sebab akan membuat kabel rentan rusak.

2. Gulung dengan rapi

Ada baiknya menggulung kabel charger dengan rapi. Tujuannya agar komponen di dalam kabel tersebut tidak rusak. Cobalah menggulung kabel charger pada objek melingkar. Cara kerjanya mirip dengan selotip yang digulung.

Baca juga: 6 Cara Men-Charger Ponsel yang Aman, Sudah Dilakukan Belum? 

3. Lepaskan charger dari setopkontak

Saat sudah tidak digunakan lagi, pastikan kabel charger dilepas dari setopkontak. Langkah ini untuk memutus aliran listrik. Dampaknya bisa membuat kabel charger menjadi lebih awet.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini