Sony Bisa Rekam Suara Pemain PS4 dan PS5 untuk Tujuan Keamanan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 16 2294647 sony-bisa-rekam-suara-pemain-ps4-dan-ps5-untuk-tujuan-keamanan-pCCZcl2dUi.jpg Sony PlayStation 5. (Foto: Twitter @Nibellion)

PEMAIN Sony PlayStation 4 atau PS4 yang mengunduh pembaruan versi 8.0 mendapat kejutan. Mereka menerima pesan yang menyatakan Sony dapat merekam suara pemain untuk tujuan moderasi atau penghindaran tindakan kurang terpuji. Ternyata hal ini juga diterapkan di konsol PS5 yang tidak lama lagi dirilis.

"Setelah pembaruan ini pemain akan melihat pemberitahuan tentang Party Safety dan obrolan suara dapat direkam. Rekaman obrolan suara untuk moderasi adalah fitur yang akan tersedia di PS5 saat diluncurkan, dan akan memungkinkan pemain merekam obrolan suara mereka di PS5 dan mengirimkannya untuk tinjauan moderasi. Pemberitahuan yang muncul di PS4 sekarang untuk memberi tahu bahwa saat Anda berpartisipasi dalam obrolan dengan pemain PS5 (pasca-peluncuran), mereka dapat mengirim rekaman tersebut dari konsol PS5 mereka ke SIE," jelas pihak Sony, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Ini 10 Game PS4 yang Tidak Bisa Dimainkan di PS5 

Melalui obrolan suara, bahkan di PS4 yang lebih lama, suara pemain dapat direkam dan dikirim ke Sony untuk dimoderasi oleh pemain lain. Apa pun yang pemain katakan dapat dikirim ke Sony tanpa persetujuan pemain lain.

Fitur ini dimaksudkan untuk membantu pemain melaporkan jika ada orang lain yang menggunakan kata-kata tidak pantas atau melecehkan.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Yuk Nikmati Wisata Tani Desa Betet

Perangkat lunak versi 8.0 juga menambahkan avatar baru, kontrol komunikasi orangtua, dan dukungan untuk aplikasi autentikasi.

Dalam persiapan peluncuran PS5, Sony akan mengganti nama aplikasi seluler PS4 Remote Play, Mac, dan PC menjadi PS Remote Play. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan pemain ke PS5 yang akan dirilis secara resmi bulan depan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini