Cara Membedakan Layar LCD dan AMOLED Smartphone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 16 2295060 cara-membedakan-layar-lcd-dan-amoled-smartphone-Y0kv3HdS9M.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Angela Compagnone/Unsplash)

ADA dua teknologi yang digunakan dalam perangkat ponsel pintar saat ini. Masing-masing adalah LCD (liquid crystal display) dan AMOLED (active matrix organic light emitting diode). Teknologi ini banyak diaplikasikan di sejumlah smartphone karena dinilai cukup murah. Sedangkan AMOLED juga mulai marak dipakai berkat kehematannya dalam banyak hal serta tergolong lebih aman di mata penggunanya.

Keuntungan dari penggunaan layar AMOLED adalah setiap piksel memancarkan cahaya sendiri yang berarti lampu latar terpisah tidak diperlukan. Bila dibandingkan dengan layar LCD, AMOLED lebih hemat energi, menawarkan tingkat kontras yang lebih tinggi dan warna hitam yang lebih dalam. Akan tetapi layar ini juga lebih rentan terhadap insiden terbakar.

Layar LCD dan AMOLED. (Foto: Gadgethacks)

Baca juga: Sudah Tahu Cara Kerja NFC di Smartphone? Ini Penjelasannya 

Lalu bagaimana sebenarnya membedakan antara layar LCD dan AMOLED pada smartphone, berikut ulasannya, sebagaimana dikutip dari Gadgethacks.

1. Cahaya layar

Ada cara sederhana untuk menentukan apakah ponsel Anda memiliki layar AMOLED atau LCD. Pada dasarnya, piksel pada layar AMOLED memancarkan cahayanya sendiri, yang berarti bagian layar yang hitam adalah area di mana pikselnya tidak menyala.

Maka itu, gambar serbahitam yang ditampilkan pada layar AMOLED seharusnya tidak memancarkan cahaya sama sekali. Untuk mencoba metode ini, mulailah dengan mengunduh gambar uji AMOLED serbahitam. Setelah Anda menyimpan gambar ke ponsel, buka di penampil gambar layar penuh dengan bilah status dan bilah navigasi disembunyikan.

Layar AMOLED. (Foto: Gadgethacks)

Jika tidak memiliki penampil gambar layar penuh, gunakan salah satu aplikasi dalam daftar ini. Selanjutnya, ubah kecerahan ponsel sepenuhnya, kemudian bawa perangkat ke ruangan gelap. Jika Anda melihat cahaya memancar dari ponsel, maka perangkat memiliki layar LCD. Jika layar benar-benar gelap saat menampilkan gambar uji pada kecerahan penuh, Anda memiliki layar AMOLED.

Layar AMOLED. (Foto: Gadgethacks)

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Smartphone Bekas 

2. Situs terpercaya

Metode kedua tidak kalah mudahnya. Anda hanya perlu mencari spesifikasi ponsel ke situs online terpercaya. Anda akan menemukan jenis LCD atau AMOLED di bawah kategori Display. Meski demikian, metode pertama merupakan cara yang lebih baik bagi Anda merasakan langsung perbedaan antara LCD dan AMOLED.

Layar LCD Capacitive Touchscreen. (Foto: Gadgethacks)

Baca juga: Daya Baterai Smartphone Cepat Habis? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini