Cegah Timbulnya Bunga Es pada Freezer, Perhatikan 4 Hal Ini

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 16 2295076 cegah-timbulnya-bunga-es-pada-freezer-perhatikan-4-hal-ini-ncatAEgNez.jpg (Foto: Shutterstock)

Lemari es atau kulkas membantu Anda untuk menyimpan makanan atau minuman. Dengan suhu rendah yang terjaga dengan baik, makanan atau minuman bisa lebih awet.

Untuk Anda pemilik kulkas di rumah, mungkin Anda pernah menemukan bunga es pada kulkas. Terutama bunga es ini muncul di area freezer.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah munculnya bunga es pada kulkas.

Kemasan Makanan Harus Kering

Kemasan makanan harus kering sebelum dimasukan di dalam freezer. Apabila kemasan lembab atau berair, ini bisa berpotenis memunculkan bunga es.

Perhatikan Letak Kulkas

Usahakan meletakan kulkas pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas. Suhu yang panas bisa mendorong mesin kulkas atau freezer bekerja ekstra, sehingga berpotensi memunculkan bunga es.

 Lemari es atau kulkas membantu Anda untuk menyimpan makanan atau minuman.

Perhatikan Frekuensi Buka Tutup Kulkas

Munculnya bunga es bisa timbul karena frekuensi buka tutup kulkas yang intens. Saat pintu dibuka, maka udara hangat atau panas bakal masuk, sehingga kadar uap yang ada di dalam kulkas akan bertambah. Ini berpotensi membentuk bunga es.

Beri Ruang pada Freezer

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya bunga es ialah menjaga agar freezer tidak terlalu padat. Dengan memberi ruang atau space, maka sirkulasi udara diharapkan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini