Tips Membuat Smartphone Aman Meski Terkena Air Hujan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 16 2295284 tips-membuat-smartphone-aman-meski-terkena-air-hujan-uOiPTVIaNK.jpg Smartphone tahan air berkat nano coating. (Foto: Tested)

WILAYAH Indonesia diprediksi akan memasuki musim hujan. Segala persiapan pun dilakukan semua orang di Tanah Air agar aktivitas tetap berjalan lancar ketika hujan turun. Salah satunya menjaga perangkat elektronik, termasuk smartphone, dari terkena air hujan.

Meskipun saat ini perangkat ponsel pintar sudah makin canggih, bahkan ada yang dilengkapi fitur tahan air, tetap saja harus dilindungi dari kondisi basah. Tujuannya untuk memastikan tidak ada kerusakan di kemudian hari.

Baca juga: Cara Membedakan Layar LCD dan AMOLED Smartphone 

Pengguna bisa saja memerlukan aksesori khusus untuk memastikan ponselnya aman meski tetap terkena air hujan. Lalu apa saja aksesori itu? Berikut di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Plastik zip-lock

Plastik zip-lock memiliki bagian perekat yang memungkinkan plastik tertutup sempurna. Pengguna bisa memasukkan ponsel atau perangkat elektronik lainnya ke plastik zip-lock agar aman dari tetesan air hujan.

Plastik ziplock. (Foto: Twitter @foodders)

Plastik ziplock. (Foto: Twitter @foodders)

2. Waterproof bag

Tas tahan air atau waterproof bag biasanya dipakai pengguna ponsel untuk mengabadikan momen saat berenang. Ketika hujan turun, waterproof bag bisa menjadi menjadi alternatif pengguna untuk mencegah ponsel mengalami basah.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Kerja NFC di Smartphone? Ini Penjelasannya 

3. Nano coating

Nano coating bisa melapisi ponsel sehingga memiliki ketahanan dari terpaan air hujan. Caranya dengan mengoleskan atau menguapkan cairan nano coating itu di bodi ponsel.

Nano coating phone. (Foto: Kickstarter)

Nano coating phone. (Foto: Kickstarter)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini