Cara Cepat Jaga Privasi Pengguna Smartphone Android

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 16 2295295 cara-cepat-jaga-privasi-pengguna-smartphone-android-uXjVvmn8xQ.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

PRIVASI di perangkat smartphone merupakan hal penting. Sebab di dalam ponsel pintar itu biasanya terdapat banyak akun dari penggunanya. Maka itu harus sebaik mungkin menjaganya agar tidak jatuh ke pihak lain dan disalahgunakan.

Kemudian ada juga privasi pengguna smartphone yang dibobol melalui peretasan via internet. Jadi wajib berhati-hati ketika menjelajah dunia maya.

Baca juga: Tips Membuat Smartphone Aman Meski Terkena Air Hujan 

Selain itu, ada beberapa cara cepat yang bisa diterapkan untuk menjaga privasi pengguna smartphone. Apa saja cara tersebut? Berikut di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Smartphone. (Foto: Unsplash)

1. Aplikasi chatting terenkripsi

Aplikasi perpesanan atau chatting terenkripsi memberikan keamanan agar privasi pengguna smartphone Android tetap terjaga. Aplikasi chatting tersebut di antaranya WhatsApp, Telegram, dan Signal yang mengklaim menawarkan teknologi enkripsi dalam menjaga privasi penggunanya.

2. Pakai aplikasi peta offline

Temukan aplikasi peta offline yang bisa dipasang di smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi peta offline, maka pengguna bisa terhindar dari pelacakan yang bisa saja dilakukan. Cara ini mengurangi risiko jika ada orang jahat yang ingin melacak keberadaan pengguna.

Baca juga: Cara Membedakan Layar LCD dan AMOLED Smartphone 

3. Pengaturan privasi

Jika pengguna menggunakan media sosial seperti Instagram, maka bisa mengunci akun, sehingga tidak semua orang bisa mem-follow. Guna mengaktifkan fitur ini, bisa menuju Option dan temukan Private Account.

Smartphone. (Foto: Angela Compagnone/Unsplash)

Baca juga: Sudah Tahu Cara Kerja NFC di Smartphone? Ini Penjelasannya 

4. Selalu logout

Pastikan selalu logout setelah menggunakan layanan media sosial seperti Facebook di perangkat milik orang lain. Dengan demikian mencegah orang asing melakukan tindakan usil yang bisa mengakses akun Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini