Siapkan 4G LTE, NASA Berencana Kirim Astronaut ke Bulan pada 2024

Hantoro, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2295824 nasa-dan-nokia-bekerja-sama-pasang-jaringan-4g-di-bulan-DOUUzGCm9G.jpg Ilustrasi bulan. (Foto: Nicolas Thomas/Unsplash)

NASA dan sebuah perusahaan teknologi baru saja menjalin kerja sama terkait proyek pemasangan jaringan 4G di bulan. Ketersediaan teknologi 4G di bulan dirancang untuk membantu komunikasi dengan kecepatan yang lebih tinggi, keandalan yang lebih baik, dan jarak yang lebih jauh dibandingkan teknologi yang tersedia saat ini.

Dikutip dari Ubergizmo, Senin (19/10/2020), selama Misi Apollo sebelumnya, para astronaut harus mengandalkan komunikasi radio bersama penggunaan stasiun pangkalan, relai, dan jaringan pemancar. Jadi diyakini dengan menggunakan teknologi 4G dapat membantu membuat sistem lebih efisien.

Baca juga: NASA Berencana Hadirkan Teknologi 4G LTE di BulanĀ 

Astronaut di bulan. (Foto: NASA/Slashgear)

NASA sendiri berencana meluncurkan misi ke bulan pada 2024. Guna mendukung kelancaran misi luar angkasa tersebut, mereka ingin menghadirkan teknologi 4G LTE di sana.

Lalu mengapa tidak menggunakan jaringan 5G yang lebih cepat? Ada kemungkinan karena teknologi 5G tertentu tidak dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dibandingkan 4G. Itu tentu belum menjadi pilihan ideal untuk saat ini di luar angkasa.

Bagaimanapun, bisa berkomunikasi saat berada di luar angkasa sudah merupakan keajaiban teknologi. Jadi ketersediaan jaringan 4G atau 5G sangatlah mengesankan.

Baca juga: Daftar Astronot Terbaik, Salah Satunya Pernah Menginjakkan Kaki di BulanĀ 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini