Insinyur Ini Buat Lightsaber Star Wars Jadi Kenyataan, Bisa Memotong Logam

Hantoro, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2295932 insinyur-ini-buat-lightsaber-star-wars-jadi-kenyataan-bisa-memotong-logam-OYVWyceHxg.jpg James Hobson memperlihatkan lightsaber buatan dirinya bersama tim. (Foto: Instagram @thehacksmith)

SEJAK konsep lightsaber atau pedang cahaya diperkenalkan ke dunia melalui film Star Wars, banyak yang mencoba membuatnya. Beberapa percobaan dinilai tidak berhasil karena desain dan fungsinya tidak seperti di filmnya. Misalnya, tidak memiliki kekuatan pemotongan lightsaber, lalu bilah cahayanya tidak dapat ditarik.

Namun, lightsaber yang dibuat insinyur dan YouTuber James Hobson ini dinilai mendekati sempurna. Ia berhasil membuat lightsaber yang memiliki bilah dapat ditarik dan bisa memotong benda-benda padat seperti logam.

Baca juga: Siapkan 4G LTE, NASA Berencana Kirim Astronaut ke Bulan pada 2024 

Mengutip dari Ubergizmo, Senin (19/10/2020), Hobson mengatakan lightsaber ini dibangun berdasarkan teori yang mengklaim bahwa plasma dapat ditahan dengan menggunakan medan magnet. Dia kemudian membangun teori itu dan memodifikasinya untuk menerapkannya ke bagian yang diinginkan.

Ia dan timnya membangun lightsaber ini berdasarkan prinsip "aliran laminar". Ini melibatkan penggunaan gas minyak cair dan oksigen, kemudian dikirim melalui "nozel laminar" untuk membantu menghasilkan sinar yang dapat ditarik.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru

Mereka meningkatkan dengan menambahkan bahan kimia ke dalam campuran yang mengubah warna balok, seperti menggunakan natrium klorida yang mengubah balok menjadi kuning, sementara asam borat membuatnya menjadi hijau, dan seterusnya.

Menurut Hobson, hasil akhirnya saat ini kurang sempurna karena untuk mengeluarkan energi yang dibutuhkan lightsaber asli dibutuhkan tenaga pembangkit nuklir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini