Ditemukan Fosil Jejak Kaki Terpanjang dari Zaman Es

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2296088 ditemukan-fosil-jejak-kaki-terpanjang-dari-zaman-es-OKiAtU2vpk.jpg Penemuan fosil jejak kaki terpanjang di Taman Nasional White Sands, New Mexico, Amerika Serikat. (Foto: M Benneth/Universitas Bournemouth/IFL Science)

SEBUAH penelitian baru-baru ini mengungkapkan fosil jejak kaki terpanjang di dunia. Jejak kaki manusia itu terlihat di dasar danau yang mengering atau dikenal dengan sebutan playa di Taman Nasional White Sands, New Mexico, Amerika Serikat. Di sana terdapat ratusan ribu jejak kaki yang berasal dari akhir zaman es terakhir atau sekira 11.550 hingga 13.000 tahun lalu.

Penemuan ini dipublikasikan Quaternary Science Reviews dan dibuat oleh tim internasional yang bekerja sama dengan staf dari Taman National.

Baca juga: Peneliti Temukan Fosil Monyet Purba Lintas Benua Berusia 6 Juta Tahun 

Tidak seperti jejak kaki manusia purba lainnya, kali ini memiliki panjang yang luar biasa. Setidaknya lebih dari 1,5 kilometer memanjang lurus. Mereka menggunakan jejak kakinya sendiri untuk menuntun pulang beberapa jam kemudian.

Dikutip dari IFL Science, Senin (19/20/2020), penemuan tersebut juga mengungkapkan tanah yang dilalui basah dan licin dengan lumpur. Mereka berjalan dengan kecepatan tinggi yang pasti membuat kelelahan.

Peneliti memperkirakan mereka berjalan dengan kecepatan 1,7 meter per detik. Ini tegolong cepat mengingat kecepatan rata-rata yang nyaman untuk berjalan adalah 1,2 hingga 1,5 meter per detik. Jejaknya cukup kecil, kemungkinan dibuat oleh seorang wanita atau pria remaja.

Di beberapa titik terlihat jejak kaki anak kecil yang mungkin terbentuk ketika seseorang menurunkan anaknya untuk menyesuaikan gendongan atau sekadar beristirahat. Dilihat dari ukurannya, jejak kaki itu mungkin dibuat oleh seorang balita yang mungkin berusia 2 tahun atau sedikit lebih muda.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kerangka Panglima Perang Anglo-Saxon Berusia 1.400 Tahun 

Playa merupakan rumah bagi berbagai hewan pada zaman es yang sudah punah. Jejak hewan ini membantu peneliti menentukan usia jalur itu. Mereka menemukan jejak mammoth, sloth raksasa, kucing bertaring tajam, serigala yang mengerikan, banteng, dan unta.

Penemuan jejak kaki ini memberikan bukti bagaimana hewan tersebut diburu pada masa lalu. Terlebih lagi ada penelitian yang mengatakan ada anak-anak yang bermain di genangan air yang terbentuk di jalur kungkang raksasa. Seekor mammoth maupun kungkang melewati jalur yang sama dengan manusia.

Jejak kaki sloth raksasa itu membuktikan adanya kewaspadaan dalam perjalanan manusia. Kemudian ada juga jejak raksasa di satu lokasi yang dibuat oleh banteng besar melintasi jalur manusia tanpa penyimpangan yang kemungkinan mereka tidak melihat manusia.

Jalur jejak kaki ini memberikan cerita yang sangat luar biasa. Apa yang dilakukan oleh manusia tersebut bersama anaknya hingga berjalan tergesa-gesa masih menjadi pertanyaan. Kemungkinan mereka tidak nyaman dengan keadaan seperti itu, namun tetap melanjutkan perjalanannya.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Temuan Fosil Beruang Gua Zaman Es 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini