Selain Matahari, Ini Daftar Bintang yang Ada di Alam Semesta

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2296171 selain-matahari-ini-daftar-bintang-yang-ada-di-alam-semesta-TO7tfiwuac.jpg (Foto: Space)

Matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Matahari merupakan salah satu objek di alam semesta yang mendukung kehidupan di Bumi.

Dengan sinar matahari, tumbuhan bisa melakukan fotosintesis, menerangi Bumi saat siang hari untuk mendukung aktivitas makhluk hidup dan lain-lain. Ternyata, tidak hanya matahari yang merupakan objek bintang, di alam semesta terdapat bintang-bintang lainnya.

Bintang merupakan komponen utama galaksi, dan merupakan salah satu objek pertama yang terbentuk di alam semesta awal. Bintang merupakan bola bercahaya yang terbuat dari plasma-gas super panas yang diulir dengan medan magnet, dilansir dari Space Facts.

 Matahari merupakan salah satu objek di alam semesta yang mendukung kehidupan di Bumi.

Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari. Selain matahari, ternyata ada beberapa bintang lainnya yang terkenal.

Sistem Centauri α

Sistem Centauri α merupakan bintang ganda yang mengandung bintang sekuens tipe-G mirip dengan Matahari. Mereka akan terlihat terutama dari Belahan Bumi Selatan dan bagian paling selatan dari Belahan Bumi Utara.

Sirius (α Canis Majoris)

Bintang paling terang di langit malam dan juga paling terang di konstelasi, Sirius terletak 8,3 tahun cahaya dari kita. Sirius digunakan oleh orang-orang kuno sebagai cara untuk menandai perubahan musim dan sebagai bantuan navigasi untuk perjalanan laut yang panjang.

UY Scuti

UY Scuti merupakan bintang dengan jari-jari terbesar, supergiant merah yang memiliki ukuran sekitar 1.708 jari-jari Matahari (sekitar 2,4 miliar kilometer). UY Scuti adalah bintang variabel, yang berarti kecerahannya bervariasi dari waktu ke waktu.

R136a1

R136a1 merupakan bintang paling masif. Bintang berada dalam gugusan di Nebula Tarantula di Awan Magellan Besar (terlihat dari Belahan Bumi Selatan). R136a1 memiliki 256 kali massa Matahari dan merupakan bagian dari sistem biner.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Vega (α Lyrae)

Vega, bintang yang akrab bagi kebanyakan dari kita dan yang paling terang di konstelasi Lyra, Harpa. Vega akan menjadi bintang kutub kita di tahun 13.727 ketika kutub bumi memprosesnya.

Vega adalah Bintang tipe A yang memiliki massa Matahari sekitar dua kali lipat. Usia Vega terbilang cukup muda yakni 400 juta tahun.

Betelgeuse (α Orionis)

Bintang yang akan mati dengan cara meledak sebagai supernova, Betelgeuse adalah bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion, yang dapat dilihat oleh para stargazers dunia dari bulan November-April.

Antares (α Scorpii)

Supergiant merah lainnya disebut Antares yang terletak di konstelasi Scorpius. Namanya secara harfiah berarti “sama dengan Mars (Ares)” dalam bahasa Yunani Kuno, karena bintang ini memiliki warna kemerahan yang mirip dengan Mars.

Bintang ini sekitar 10.000 kali lebih terang dari Matahari, dan memiliki hingga 18 kali massa bintang kita.

Rigel (ẞ Orionis)

Bintang paling terang ke-7 di langit, Rigel dinilai sangat cerah, sekitar 120.000 kali luminositas Matahari dan juga bintang variabel. Meskipun dianggap sebagai bintang paling terang kedua di Orion, Rigel memiliki cahaya paling terang sepanjang waktu.

Namanya berasal dari istilah Arab untuk "kaki kiri Jauzah", di mana Jauzah adalah nama yang tepat untuk Orion.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini