Ponsel Terkena Air Hujan, 4 Hal Ini Perlu Anda Perhatikan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2296183 ponsel-terkena-air-hujan-4-hal-ini-perlu-anda-perhatikan-UBPAGsJJGB.jpg Ilustrasi (Foto: Phones R Fixed)

Beberapa waktu belakangan ini hujan mengguyur ibu kota. Mungkin Anda lebih memilih berteduh terlebih dahulu di dalam ruangan ketimbang harus keluar walaupun Anda sudah menyiapkan payung.

Dengan payung yang Anda gunakan di luar ruangan, saat Anda berjalan hujan mungkin bisa tetap mengenai sebagian pakaian atau tubuh Anda. Ponsel menjadi salah satu benda yang perlu Anda perhatikan dalam situasi tersebut.

Ada kemungkinan hal-hal terburuk terjadi, seperti ponsel Anda terkena atau terjatuh di genangan. Bila ponsel Anda tidak dilengkapi kemampuan tahan air, Anda perlu semakin waspada saat hujan.

Diambil dari berbagai sumber, saat ponsel pengguna tidak memiliki fitur tahan air dan basah kuyup terkena air hujan, sebaiknya pengguna memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Jangan Hidupkan Ponsel

Ponsel yang masih basah atau masih meninggalkan sisa-sisa air di bagian hardware, sebaiknya pengguna tidak menyalakannya. Dalam keadaan basah, berbahaya bagi handset apabila dinyalakan karena bisa merusak komponen kelistrikan.

Lepas Baterai

Saat ponsel dalam posisi mati dan tidak dinyalakan, segera cabut baterai ponsel (apabila memungkinkan) serta lepas simcard dan memory card. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel.

 Beberapa waktu belakangan ini hujan mengguyur ibu kota.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Segera Keringkan Ponsel

Apabila ponsel basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Manfaatkan Beras

Keringkan ponsel hingga benar-benar kering dan pengguna bisa menggunakan gel silica yang efektif menyerap air. Bila tidak ditemukan gel silica, pengguna juga bisa memanfaatkan beras.

Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini