Share

Ponsel Cepat Panas, Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 16 2296221 ponsel-cepat-panas-bisa-jadi-5-hal-ini-penyebabnya-ZS5xb9xP8Z.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

BODI smartphone atau ponsel pintar yang cepat panas menjadi salah satu permasalahan bagi banyak orang. Kondisi ini membuat ponsel tidak nyaman dipegang. Panasnya akan membuat telapak tangan seolah ikut terpanggang.

Ponsel yang mendadak panas bahkan dapat mengindikasikan adanya kerusakan serius. Penanganan lebih lanjut pun sangat dibutuhkan.

Baca juga: Ponsel Terkena Air Hujan, 4 Hal Ini Perlu Anda Perhatikan 

Lalu apa sebenarnya yang membuat ponsel bisa menjadi cepat panas? Berikut di antaranya, sebagaimana dikutip dari laman Makeusof.

1. Casing

Ponsel pintar perlu memancarkan panas ketika digunakan. Kemudian tipe casing yang terbuat dari bahan sangat tertutup dapat mencegah hal ini, sehingga ponsel akan cepat panas.

Ilustrasi smartphone. (Foto: CardMapr/Unsplash)

2. Baterai dan charger

Aspek lain yang patut dipertimbangkan adalah keadaan baterai dan charger ponsel. Ketika ponsel yang digunakan sudah lama, sebaiknya tidak mengisi daya hingga 100 persen. Cobalah secara teratur mengisi dayanya 80–90 persen untuk menjaga baterai tetap sehat.

Baca juga: Cara Praktis Merawat Layar Sentuh Ponsel agar Tidak Mudah Rusak 

3. Malware

Perangkat lunak jahat atau malware dapat menyebabkan panas berlebih pada ponsel. Pengembang malware tidak peduli dengan kesehatan ponsel, mereka hanya membutuhkan data Anda.

4. Penggunaan kamera

Penggunaan kamera dalam waktu lama bisa membuat ponsel cepat panas. Misalnya, merekam video dengan durasi yang sangat lama bisa jadi salah satu pemicunya.

Baca juga: Atasi Kecanduan Gadget pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini 

5. Aplikasi latar belakang

Pengguna ponsel Android rentan terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggambar pada sumber daya, seperti CPU, Wi-Fi, atau internet seluler. Jika aplikasi berjalan dengan cara ini, perangkat dapat cepat panas.

Ilustrasi smartphone. (Foto: Angela Compagnone/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini