Share

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Ini Bisa Sebabkan Ponsel Rusak

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 16 2296687 5-kesalahan-yang-tidak-disadari-ini-bisa-sebabkan-ponsel-rusak-qmD7RdSUtV.jpg Ilustrasi charger baterai smartphone. (Foto: ExtremeTech)

PONSEL pintar atau smartphone merupakan salah satu perangkat teknologi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Setiap harinya orang-orang menggunakan ponsel untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi.

Kemudian di era kemajuan teknologi seperti sekarang, ponsel juga digunakan untuk mempermudah serta mempercepat pencarian informasi melalui media sosial dan sebagainya.

Baca juga: Ini Cara Efektif Angkat Debu yang Menempel di Screen Protector 

Namun ponsel harus selalu dirawat, karena rentan mengalami kerusakan. Salah satunya disebabkan kesalahan dalam penggunaan, dan ini sering tidak disadari oleh penggunanya.

Nah, berikut lima kesalahan yang sering tidak disadari ketika menggunakan ponsel hingga bisa menyebabkan kerusakan, sebagaimana dikutip dari Fox News, Selasa (20/10/2020).

1. Menggunakan casing yang salah

Memberikan pelindung pada ponsel merupakan salah satu cara menjaga agar tidak rusak saat jatuh. Namun hal ini juga dapat membuat baterai pada ponsel cepat panas. Guna mengatasinya Anda perlu memahami pemilihan casing yang baik sesuai ponsel. Lebih baik memiliki casing peredam guncangan yang baik untuk menutupi seluruh bagian belakang dan samping ponsel.

2. Tidak melindungi layar ponsel

Ponsel yang tidak menggunakan pelindung layar jika jatuh akan menyebabkan mudahnya retak atau pecah. Hal ini sangat disayangkan karena mengganti LCD ponsel memerlukan biaya cukup besar. Jadi Anda perlu memerhatikan hal ini agar layar ponsel tidak mudah pecah saat terjadi insiden.

Baca juga: Tahukah Kamu, Tempered Glass Ternyata Sudah Ada sejak Abad 17 

3. Salah mengisi daya ponsel

Baterai memiliki umur yang terbatas. Jadi Anda harus memerhatikan cara mengisi daya baterai yang baik agar tetap menjaga kondisinya. Berikut cara aman menjaga baterai ponsel agar tetap dalam keadaan baik:

- Jangan biarkan baterai terkuras hingga 0 persen.

- Isi daya ponsel antara 40 hingga 80 persen, bukan 100 persen

- Jangan mengisi daya ponsel sepanjang malam.

- Cabut charger setelah daya baterai terisi penuh.

4. Membiarkan ponsel dalam keadaan panas

Jika ponsel dalam keadaan terlalu panas dapat menyebabkan kehilangan data, kebocoran baterai, hingga menyebabkan terbakar. Jika ponsel terlalu panas juga dapat membuat baterainya lebih cepat habis dan berisiko merusaknya.

Baca juga: Ponsel Cepat Panas, Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya 

5. Melewati sistem update dan security update

Jika ingin melindungi ponsel, Anda harus selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasinya dengan versi terbaru. Anda juga perlu memastikan memasang fitur keamanan dan menyelesaikan perbaikan kerentanan lainnya, karena fitur ini sering kali berfokus pada masalah seperti virus yang memengaruhi ponsel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini