Aplikasi Ini Mempermudah Kustomisasi Ikon di iOS 14

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 16 2296707 aplikasi-ini-mempermudah-kustomisasi-ikon-di-ios-14-iTOwSUUEBa.jpg Ilustrasi kustomisasi ikon di iOS 14. (Foto: The Verge)

LAYAR beranda iPhone memerlukan fitur Apple Shortcut setiap kali pengguna ingin membuka aplikasi. Proses menyesuaikan semua aplikasi satu per satu tentunya akan merepotkan dan membutuhkan banyak waktu. Namun, fitur baru pada sistem operasi iOS 14 dapat mengatasi permasalahan itu.

Launch Center Pro dapat menyesuaikan dan membuat pintasan cepat di iOS. Aplikasi ini menggunakan sistem Profil Apple untuk memasang profil klip web khusus yang langsung ditautkan ke aplikasi yang dipilih. Pengguna akhirnya dapat membuat ikon khusus yang berfungsi seperti aplikasi biasa.

Baca juga: YouTube Kembalikan Mode Picture-In-Picture ke iOS 14 

Selain itu dapat diinstal secara berkelompok yang memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan ikon khusus untuk hampir semua aplikasi favoritnya.

Dikutip dari The Verge, Selasa (20/10/2020), pengguna masih harus menyiapkan setiap aplikasi satu per satu dan menyembunyikan aplikasi asli ke App Library iOS 14. Hal ini dikarenakan Launch Center Pro masih bersifat tautan. Meski begitu, tetap saja ini menjadi solusi yang jauh lebih baik daripada menggunakan shortcut.

Sebab batasan dari Apple, penautan langsung hanya dapat hanya berfungsi untuk aplikasi pihak ketiga dari App Store.

Proses memasang aplikasi sebenarnya agak sedikit rumit. Namun, Launch Center Pro telah memberikan video panduan untuk membantu pengguna menyusunnya.

Baca juga: Apple Akui Daya Baterai Bisa Terkuras Akibat Update iOS 14 

Aplikasi ini menawarkan beberapa opsi kustomisasi ikon. Pengguna dapat langsung mengimpor foto atau gambar yang ada di ponsel. Ada juga pembuat ikon yang memungkinkan pengguna membuat ikon versi mereka sendiri.

Pihak perusahaan juga telah mempekerjakan seorang desainer yang terus mengembangkan latar belakang ikon, paket ikon khusus, dan gaya pembuat ikon.

Menurut pengembang, David Barnard, pihaknya sudah bekerja untuk menambahkan berbagai fungsionalitas agar Launch Center Pro dapat berfungsi lebih baik di masa yang akan datang. Mulai opsi menyimpan beberapa kumpulan ikon, kemampuan membagikan kumpulan ikon ke pengguna lain, serta opsi impor secara cepat yang memungkinkan kumpulan ikon yang telah dibuat sebelumnya ditambahkan ke Launch Center sekaligus.

Launch Center Pro dapat diunduh secara gratis, namun beberapa opsi seperti menambahkan ikon aplikasi khusus ke layar beranda memerlukan biaya langganan per tahunnya.

Baca juga: Apple Akan Sediakan Siri Berbahasa Indonesia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini