Arkeolog Mesir Kembali Temukan 80 Peti Mati Kuno Berusia 2.500 Tahun

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297125 arkeolog-mesir-kembali-temukan-80-peti-mati-kuno-berusia-2-500-tahun-wpj7o8mwfg.jpg Penemuan peti mati di Permakaman Saqqara, Kairo, Mesir. (Foto: Ministry of Tourism and Antiquities via AP/Fox News)

ARKEOLOG Mesir kembali menemukan peti mati kuno (sarkofagus) di Permakaman Saqqara, sebelah selatan Kota Kairo. Jumlahnya kali ini mencapai lebih dari 80 peti mati.

Sarkofagus yang ditemukan terlihat bercorak warna-warni dan masih disegel. Diduga peti mati tersebut terkubur lebih dari 2.500 tahun lalu. Demikian dijelaskan Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Mesir Mostafa Waziri.

Baca juga: 59 Peti Mati Berisi Mumi Berusia 2.600 Tahun Ditemukan di Mesir 

Dikutip dari Fox News, Rabu (21/10/2020), Mesir terus berusaha memublikasikan penemuan arkeologisnya dalam upaya untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata utamanya.

Penemuan puluhan peti mati kuno di Permakaman Saqqara, Kairo, Mesir. (Foto: Ministry of Tourism and Antiquities via AP/Fox News)

Perdana Menteri Mesir Mustafa Madbouly bersama Menteri Pariwisata dan Purbakala Khalid el Anany berkunjung dan memeriksa penemuan baru itu. Penemuan kali ini hanya berselang dua pekan setelah didapati 59 sarkofagus berisi mumi di area yang sama di Saqqara.

Baca juga: Usai Temukan 59 Peti Mati Mumi, Mesir Terus Cari Peninggalan Bersejarah 

Situs Saqqara adalah bagian dari nekropolis di ibu kota kuno Mesir, Memphis, yang mencakup Piramida Giza yang terkenal, serta piramida yang lebih kecil di Abu Sir, Dahshur, dan Abu Ruwaysh. Memphis ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1970-an.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini