Malam Ini Terjadi Puncak Hujan Meteor Orionid

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297276 malam-ini-terjadi-puncak-hujan-meteor-orionid-9gp1ZTkgix.jpg Ilustrasi hujan meteor. (Foto: Lucas Ludwig/Unsplash)

HUJAN Meteor Orionid akan menerangi langit Bumi. Ini akan menjadi pemandangan yang bagus bagi para pengamat bintang. Hujan Meteor Orionid akan mencapai puncaknya pada malam ini, Rabu 21 Oktober 2020.

Menurut laporan American Meteor Society, hujan Meteor Orionid akan membawa 50 hingga 75 benda langit per jam. Hujan Meteor Orionid berisi puing-puing Komet Halley yang bergerak dengan kecepatan hingga 148.000 mph. Peristiwa ini sendiri terjadi setiap tahun antara tanggal 2 Oktober sampai 7 November.

Baca juga: Hujan Meteor Draconid Jadi Salah Satu Fenomena Alam Oktober IniĀ 

Hujan meteor. (Foto: Fernando Rodrigues/Unsplash)

Dikutip dari Fox News, Rabu (21/10/2020), meteor terbentuk ketika meteorid atau sejenis batuan luar angkasa yang lepas dari asteroid memasuki atmosfer Bumi. Setelah puing-puing antariksa melintas, asteroid ini akan terurai menjadi apa yang oleh para ilmuwan sebut meteor, kemudian menguap dan sebagai akibat dari gesekan akan muncul cahaya terang di langit.

"Karena tampilannya seperti garis-garis cahaya, sebagian orang menyebut meteor sebagai 'bintang jatuh'. Tetapi para ilmuwan tahu bahwa meteor sama sekali bukan bintang, hanyalah pecahan batu," jelas NASA dalam sebuah posting blog.

Baca juga: Tanda Kehidupan di Venus Mungkin Berasal dari BumiĀ 

Meteor Orionid sendiri adalah bongkahan kecil batuan yang memisahkan Komet Halley. Meteor khusus ini dinamai menurut titik asalnya yaitu Konstelasi Orion.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini