5 Cara Membedakan Kepala Charger Ponsel Asli atau Palsu

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297318 5-cara-membedakan-kepala-charger-ponsel-asli-atau-palsu-JODLDaB8nB.jpg (Foto: iMore)

Charger merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya. Dengan menggunakan charger bawaan atau charger asli, tingkat keamanan akan lebih tinggi ketimbang memakai charger non-original.

Meskipun demikian, mungkin Anda mengalami kondisi kehilangan charger bawaan atau charger bawaan telah rusak, sehingga Anda ingin membeli charger baru. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli charger, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut untuk membedakan mana charger asli dan palsu, diambil dari berbagai sumber.

Bandingkan Charger saat Membeli

Ketika Anda ingin membeli charger baru di toko, maka Anda disarankan membawa adapter charger ponsel Anda atau charger ponsel yang asli. Bandingkan langsung, periksa desain, tulisan hingga angka yang tertera pada adapter. Anda perlu menyamakan desain hingga semua angka yang terpampang pada adapter.

Perhatikan Logo

Bagian yang perlu diperhatikan ialah logo brand atau merek ponsel Anda. Charger asli mungkin menampilkan warna yang sedikit pudar, tetapi terkesan elegan. Sementara pada charger yang palsu, tampilan warna logo mungkin sedikit keemasan atau tulisannya terlalu jelas atau terang.

Cek pula tulisan pada logo. Charger asli boleh jadi menampilkan susunan huruf yang rapi dibandingkan charger palsu yang menampilkan pola goresan pada huruf.

Gunakan Aplikasi

Memeriksa keaslian charger salah satunya bisa mengandalkan aplikasi. Aplikasi bisa menghitung besaran daya yang masuk ke ponsel saat di-charge. Periksa berapa tegangan dan arus yang masuk ke ponsel. Ada perlu waspada apabila arus yang dihasilkan lemah.

 Charger merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Cek Lekukan pada Kepala Charger

Pada charger merek tertentu, mungkin Anda akan melihat lekukan yang khas pada kepala charger. Lekukan atau desain melengkung pada charger asli terlihat lebih rapi dan mulus, berbeda dengan charger palsu, di mana desain lekukan pada bagian tepi kepala charger terlihat tajam.

Cek Kabel USB

Tidak hanya memeriksa adapter charger, Anda bisa memperhatikan kabel USB bawaan pada ponsel yang Anda miliki. Perhatikan apakah ketebalan serta panjang colokan USB berbeda dengan versi yang asli. Umumnya, charger palsu dilengkapi dengan colokan USB yang lebih panjang serta tebal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini