Benarkah Beras Jadi Solusi Efektif Jika Ponsel Terkena Air?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297352 benarkah-beras-jadi-solusi-efektif-jika-ponsel-terkena-air-FQLKho5LYS.jpg (Foto: Facebook)

Anda mungkin pernah mendengar bila ponsel terkena air atau tenggelam di air, terutama ponsel yang memang tidak dilengkapi kemampuan tahan air, maka beras dikatakan bisa menjadi solusi.

Caranya ialah merendam ponsel pada sebuah wadah berisi beras dan mendiamkannya selama beberapa waktu. Benarkah cara ini efektif untuk menyelamatkan ponsel Anda yang basah kuyup akibat tenggelam di air?

Dilansir Usatoday, beberapa situs web menyarankan untuk memasukkan alat elektronik yang telah direndam dalam cairan ke dalam sekantong beras mentah, untuk mengeluarkan air. Sebenarnya itu tidak berhasil dan bisa menimbulkan debu ke dalam ponsel juga.

Dalam sebuah studi, beras dikatakan bekerja lebih lambat daripada hanya meninggalkan ponsel di meja. Sekitar 48 jam di dalam beras, hanya 13% air yang keluar dari ponsel.

Pada saat ponsel benar-benar kering, bisa jadi korosi akan merusak perangkat elektronik yang halus di dalam.

 Pada saat ponsel benar-benar kering, bisa jadi korosi akan merusak perangkat elektronik yang halus di dalam.
(Foto: Gadgets Now)

Apa yang bisa merusak ponsel basah ialah listrik. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna tidak melakukan pengisian daya.

Bila pengisian daya terjadi, maka listrik akan mengalir, menyentuh air yang ada di dalam dan akan membahayakan komponen papan sirkuit.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Kepala Charger Ponsel Asli atau Palsu

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini