YouTube Izinkan Penggunanya Atur Sendiri Kualitas Video

Hantoro, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297402 youtube-izinkan-penggunanya-atur-sendiri-kualitas-video-x3yQ0pqb0N.jpg Ilustrasi YouTube. (Foto: Christian Wiediger/Unsplash)

YOUTUBE akhirnya mengizinkan penggunanya mengatur sendiri kualitas video yang sedang ditonton. Hal ini terlihat dari aplikasi seluler YouTube yang kini memberi opsi kepada pengguna untuk memilih pengaturan kualitas video default.

Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (21/10/2020), kemudian YouTube juga mempermudah pengguna memahami perbedaannya dengan menghapus angka seperti 480, 720, 1080, dan seterusnya yang mungkin tidak asing bagi sebagian pengguna.

Baca juga: YouTube untuk Android Akan Miliki Logo Baru 

Sebaliknya, YouTube memberi pengguna opsi untuk memilih dari opsi "data saver (penghemat data)" yang mengalirkan antara 144p hingga 480p, atau opsi "higher picture quality (kualitas gambar lebih tinggi)" yang mengalirkan 720p atau lebih tinggi.

Namun, banyak pihak tidak meyakini apakah pengguna dapat menyetelnya sehingga hanya mengalirkan 1080p atau jika secara otomatis memilih 720p atau lebih baik.

Atur sendiri kualitas video YouTube. (Foto: Android Police/Ubergizmo)

Pengguna juga dapat memilih pengaturan yang berbeda tergantung koneksi internet yang digunakan. Misalnya jika menggunakan data seluler, bisa memilih untuk secara otomatis mengatur semua video streaming dalam mode "penghemat data", atau jika menggunakan Wi-Fi dapat memilih streaming dengan kualitas lebih tinggi secara default.

Baca juga: YouTube Kembalikan Mode Picture-In-Picture ke iOS 14 

Diizinkannya pengaturan sendiri kualitas video ini setelah YouTube mendeteksi koneksi internet penggunanya. Berdasarkan itu, secara otomatis YouTube akan menyesuaikan kualitas video untuk memastikan bahwa streaming tidak terputus.

Tetapi didapati bahwa beberapa pengguna tidak benar-benar menikmati fitur ini karena mungkin ingin memakai setelan kualitas yang lebih tinggi secara default, atau setelan kualitas yang lebih rendah secara default.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini