Ini Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Pengirimnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 16 2297418 ini-cara-baca-pesan-whatsapp-tanpa-diketahui-pengirimnya-vFro2ALBto.jpg Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Freepik)

TEKS pesan WhatsApp yang dikirim bisa diketahui sudah dibaca atau belum. Caranya dengan melihat tanda dua centang di bagian bawah. Jika sudah berwarna biru, berarti pesan tersebut sudah dibaca oleh penerimanya.

Namun ternyata, berdasarkan beberapa alasan, ada juga orang yang tidak ingin diketahui sudah membaca pesan WhatsApp yang masuk. Terdapat trik sendiri untuk membuat pesan yang sudah dibaca tidak diketahui pengirim atau tanda centang birunya tidak muncul.

Baca juga: Dua Langkah Sederhana Cadangkan Pesan WhatsApp di Android 

Salah satu yakni menonaktikan internet dengan metode mode pesawat. Ketika mode pesawat diaktifkan, WhatsApp tidak bisa memberi tahu server bahwa pesan pengguna telah dibuka dan dibaca. Sehingga pengguna bisa membaca seluruh pesan masuk tanpa diketahui si pengirim.

WhatsApp. (Foto: Pixabay)

Sayangnya, ini hanya bertahan ketika mode pesawat diaktifkan. Begitu mode pesawat aktif, server WhatsApp akan langsung membaca bahwa pesan sudah dibuka dan dibaca, tanda centang biru akan muncul.

Baca juga: Begini Cara Rekam Panggilan WhatsApp di Android dan iOS 

Trik lainya dengan menggunakan fitur privasi pada pengaturan WhatsApp. Nantinya si pengirim dan penerima sama-sama tidak mengetahui pesannya sudah dibaca atau belum. Tanda centang biru tidak akan muncul ketika pesan sudah dibuka dan dibaca. Namun, fitur ini tidak berlaku untuk grup.

Caranya buka Setting pada aplikasi WhatsApp yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih Account, klik Privacy, dan nonaktifkan laporan dibaca.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini