Kinerja Kipas Pendingin PS5 Akan Ditingkatkan Menggunakan Data Game

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 16 2297897 kinerja-kipas-pendingin-ps5-akan-ditingkatkan-menggunakan-data-game-lJVvcwdTdk.jpg Kipas pendingin PS5. (Foto: Screenshot by Tom Warren/The Verge)

KONSOL game Sony Playstation 5 atau PS5 memiliki sistem pendingin internal yang besar berupa kipas raksasa. Perangkat tersebut merupakan intake fan dua sisi dengan lebar 120 milimeter dan tebal 45 mm, serta memiliki perangkat lunak yang membantu memberinya daya.

Perangkat lunak tersebut mampu meningkatkan kinerja kipas pendingin dengan cara mengumpulkan data dari masing-masing game. Itu berarti kinerja kipas disesuaikan dengan data yang terkumpul dari perangkat lunak tersebut. Demikian dijelaskan Kepala Desain Mekanik Sony Yasuhiro Ootori.

Baca juga: Rilis PS5 di Indonesia Kemungkinan Tertunda 

Ootori sebelumnya mengunggah video berdurasi 7 menit yang memperlihatkan bagian dalam dan luar konsol. Dia menjelaskan beberapa detail baru serta desain mekanis perangkat. Dalam wawancara terbaru, Ootori menunjukkan bahwa kipas akan dikendalikan oleh Accelerated Processing Unit (APU) PS5, chip CPU/GPU gabungan AMD khusus yang memberi daya pada konsol.

PS5. (Foto: Twitter @Nibellion)

"Berbagai game akan dirilis beberapa waktu mendatang, dan data tentang perilaku APU di setiap game akan dikumpulkan. Kami berencana meningkatkan kontrol kipas berdasarkan data ini," kata Ootori, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Game Tirta Buatan Indonesia Akan Hadir di PS5 dan Switch 

Dia juga menjelaskan bahwa beberapa sensor suhu ditempatkan di papan utama konsol untuk mengumpulkan data saat APU menjalankan game tertentu, dan data itulah yang memungkinkan Sony untuk mengoptimalkan kipas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini