Usir Beruang Liar, Penduduk Jepang Gunakan Robot Monster Serigala

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 16 2297917 usir-beruang-liar-penduduk-jepang-gunakan-robot-monster-serigala-1cwrjAl9MM.jpg Robot Monster Wolf digunakan penduduk Takikawa, Hokkaido, Jepang, untuk mengusir beruang liar. (Foto: Screenshot by Bonnie Burton/Cnet)

PENDUDUK Takikawa di Pulau Hokkaido, Jepang, telah beralih ke robot monster serigala untuk menakut-nakuti beruang liar yang berkeliaran di wilayah mereka. Rupanya ancaman beruang di sana adalah kejadian biasa. Hewan buas itu kerap datang ke permukian penduduk untuk mencari makan.

Biasanya petugas menyewa pemburu untuk menjebak beruang dan mengeluarkannya dari kota. Tetapi kali ini penduduk mencoba lebih kreatif dengan cara menakuti beruang.

Baca juga: Beruang Kutub Utara Dapat Untung dari Penyusutan Es Laut, Kok Bisa? 

Robot mekanik berjuluk Monster Wolf ini dibuat dengan menggunakan mesin dari perusahaan manufaktur Ohta Seiki yang berlokasi di Hokkaido.

Monster Wolf dilengkapi sensor inframerah yang dapat mendeteksi ketika beruang atau satwa liar lainnya berada di sekitarnya. Demikian dilaporkan SoraNews24.

Dikutip dari Cnet, Kamis (22/10/2020), dalam hal ini penduduk kota sangat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan robot untuk menakuti hewan liar yang ingin masuk ke kota.

Baca juga: Penggembala Temukan Bangkai Beruang Purba Zaman Es dalam Kondisi Utuh 

Cara kerja robot tersebut juga simpel. Ketika beruang atau hewan lain memicu sensor Monster Wolf, kepala robot bergerak dan mata merah LED menyala. Speaker di dalam robot mengeluarkan berbagai suara keras, termasuk lolongan serigala, suara tembakan, dan suara manusia, untuk mengejutkan serta mengusir satwa liar.

Ide memiliki robot untuk mengusir satwa liar yang mengganggu seperti beruang tampaknya sangat populer di Jepang, karena 62 komunitas memiliki versi robot Monster Wolf mereka sendiri yang sedang beroperasi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini