Badak Putih Langka Lahir dengan Selamat di Kebun Binatang Inggris

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 16 2298459 badak-putih-langka-lahir-dengan-selamat-di-kebun-binatang-inggris-RgAPMe7qTN.jpg Seekor badak putih jantan lahir di Kebun Binatang Colchester Inggris. (Foto: SWNS/Fox News)

SEEKOR badak putih langka lahir di Kebun Binatang Colchester di Inggris. Badak putih jantan yang belum diberi nama itu lahir pada 14 Oktober. Demikian dilaporkan SWNS.

Anak badak putih tersebut tumbuh menjadi lebih kuat dari hari ke hari. "Dia juga menunjukkan memiliki karakter nakal," kata pihak kebun binatang dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Badak Putih Utara Terancam Punah, Tersisa 2 Ekor dan Semuanya Betina 

Kelahiran ini menjadikan jumlah badak putih di Kebun Binatang Colchester menjadi enam ekor, termasuk induknya Astrid. Badak putih Astrid mengandung anaknya itu sekira 16 bulan.

"Pada Rabu 14 Oktober malam, Tim Perawatan Hewan memerhatikan perubahan perilaku induk badak putih yang menunjukkan bahwa dia segera melahirkan," kata juru bicara kebun binatang.

Oleh karena itu, staf datang ke kebun binatang pada pukul 21.00 untuk memantau Astrid dari dekat melalui kamera, sehingga mereka siap membantu jika ada masalah muncul.

Baca juga: Terancam Punah, Gajah dan Badak Miliki Peran Penting untuk Ekosistem Bumi 

Proses persalinan induk badak putih berjalan sangat baik. Untungnya tidak perlu ada tindakan dari Tim Perawatan Hewan karena anak badak yang lahir pada pukul 21.45 tampak sehat.

Satu jam setelah lahir, anak badak putih itu bisa berdiri dan induknya langsung merawatnya. Badak putih tersebut akan terus hidup bersama ayah beserta ibunya dan juga bersama badak putih lainnya yang ada di kebun binatang.

Badak putih sendiri terbagi menjadi dua subspesies yakni badak putih utara dan badak putih selatan. Spesies ini terdaftar sebagai hewan hampir terancam punah di daftar merah nama hewan Persatuan Konservasi Alam Internasional.

Baca juga: Penggunaan Antibiotik yang Berlebihan Ancam Badak di Kenya 

Pada Agustus 2019, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di San Diego mengatakan berhasil mencapai kelahiran inseminasi buatan pertama yang berhasil dari badak putih selatan di Amerika Utara. Peneliti lain pada Agustus 2019, para ilmuwan di Italia juga berhasil membuahi telur badak putih utara melalui inseminasi buatan.

Badak putih utara yang hanya tersisa dua (semuanya betina) di Bumi, dianggap sebagai subspesies dari badak putih selatan. Pada Maret 2018, badak putih utara jantan terakhir yang tersisa mati karena komplikasi terkait usia 45 tahun. Badak putih dapat hidup antara 40 hingga 50 tahun.

Baca juga: Amankan Telur, Pakar Hewan Cegah Kepunahan Badak Putih 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini