Malam Ini Langit Suguhkan Segitiga Bulan-Jupiter-Saturnus, Yuk Saksikan

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 16 2298484 malam-ini-langit-suguhkan-segitiga-bulan-jupiter-saturnus-yuk-saksikan-EAdzw4xXyk.jpg Bulan-Jupiter-Saturnus malam ini membuat pola segitiga besar di langit. (Foto: Space)

MALAM ini di langit akan tampak pola segitiga besar yang ditimbulkan dari pertemuan bulan dengan dua planet superior yang cerah yakni Jupiter dan Saturnus. Fenomena tersebut bakal terlihat di langit selatan barat daya sekira 1 jam setelah matahari terbenam pada Jumat 23 Oktober.

Dikutip dari Space, Jumat (23/10/2020), planet superior adalah planet yang terletak pada orbit mengelilingi matahari yang berada di luar Bumi. Planet yang dimaksud adalah Jupiter dan Saturnus yang telah menarik perhatian para pengamat langit.

Baca juga: Alquran dan Sains Buktikan Langit Dipenuhi Pintu-Pintu 

Kedua planet itu sekarang terpisah sekira 6 derajat, tetapi mereka akan semakin dekat satu sama lain di hari ini dan pekan depan karena Bumi makin dekat dengan apa yang disebut "Konjungsi Besar" pada akhir Desember nanti.

Pertemuan pada malam ini antara bulan, Jupiter, dan Saturnus akan menjadi pemandangan yang menarik. Mungkin akan menarik perhatian semua orang, termasuk mereka yang biasanya tidak terlalu memerhatikan langit malam.

Dimulai sekira 1 jam setelah matahari terbenam, arahkan pandangan ke arah selatan barat daya langit. Di sana akan menemukan bulan sabit yang lebar melayang dan sekira 4 derajat ke kiri bawah terdapat Jupiter dengan cahaya yang indah.

Baca juga: Sains dalam Alquran, Ilmuwan Belum Sanggup Mengungkap 7 Langit 

Kemudian sekira 4,5 derajat ke kiri atas bulan akan terlihat "bintang" putih kekuningan yang bersinar dengan cahaya tenang dan stabil. Itu adalah Saturnus.

Ketiga benda langit bulan, Jupiter, dan Saturnus akan terlihat bagus hingga beberapa jam. Tapi saat mereka makin rendah di langit barat daya, mungkin tertutup bangunan atau pohon, jadi paling baik melihatnya pada awal malam ketika ketiganya muncul lebih tinggi di langit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini